Penggunaan Mobile Phone Sebagai Implementasi Merdeka Belajar Terhadap Siswa Taman Kanak-Kanak Aba Al-Furqan

Authors

  • Lukman Jayadi

Abstract

Peran penggunaan teknologi sangat penting khususnya penggunaan mobile phone sebagai implementasi merdeka belajar siswa. Penelitian ini berjudul penggunaan mobile phone sebagai implementasi merdeka belajar terhadap siswa Taman Kanak-Kanak ABA AL-Furqon. Metode penelitian ini adalah penelitian kulitatif. Penelitian ini focus pada pengembangan pengetahuan melalui teknologi khususnya penggunaan mobile phone terhadap belajar siswa. Metode implementasi merdeka belajar melalui mobile phone adalah berdiri sendiri, tidak tergantung terhadap orang lain dalam proses, dapat mengatur diri sendiri saat proses belajar namun tetap pendidik menuntun, dan memberi arahan sesuai bakat siswa (Ki Hajar Dewantara,2013). Kategori Materi Implementasi merdeka belajar yaitu permainan kosakata dengan gambar, permainan gambar dengan suara (audio), permaianan pembelajaran bertahap, video edukasi. Tujuannya supaya siswa lebih senang, antusias, dan selalu ingin belajar terus menerus. Kategori pengukuran kemampuan siswa adalah Jumlah total 62 (100 %) siswa tingkat II pemahaman siswa tidak begitu pintar hanya 8 (12.92 %) siswa, sangat pintar 54 (87.09%) siswa. Tingkat pemahaman siswa yaitu: advance 53(85.48 %) siswa, intermediate 6 (9.67%), middle 2 (3.22 %) siswa, dan low 1(1.6%) siswa. Langkah implementasi penggunaan mobile phone terhadap siswa merdeka belajar adalah pembelajaran kolaborasi terbuka dan memberikan kelonggaran kepada siswa agar tumbuh meneurut khendaknya sendiri sendiri seperti tidak ada unsur paksaan dalam belajar, diberi kebebasan dalam memilih kesukaannya dan mendukung semangat dalam menjalani proses belajar siswa (Ki Hajar Dewantara, 2013). Pengaruh merdeka belajar melalui mobile phone adalah meningkatnya intelektual siswa, kecemerlangan berpikir, progresif, berani beribicara, berbahasa yang benar, kreatif, adaptif, optimis, selalu mencoba hal-hal baru,proaktif  serta bertanggung jawab. 

Kata Kunci: Penggunaan Mobile Phone, Pengembangan Pengetahuan, Merdeka belajar. 

References

Ã. Suárez, M. Specht, F. Prinsen, M. Kalz, and S. Ternier, “A review of the types of mobile activities in mobile inquiry-based learning,†Comput. Educ., vol. 118, no. November 2017, pp. 38–55, 2018.

D. H. Griauzde et al., “The influence of social media on child feeding practices and beliefs among Hispanic mothers: A mixed methods study,†Eat. Behav., vol. 36, no. November 2019, 2020.

A. B. Kenkre and S. Murthy, “MIC-O-MAP: a technology-enhanced learning environment for developing micro-macro thinking skills,†Res. Pract. Technol. Enhanc. Learn., vol. 12, no. 1, 2017.

M. L. Bernacki, J. A. Greene, and H. Crompton, “Mobile technology, learning, and achievement: Advances in understanding and measuring the role of mobile technology in education,†Contemp. Educ. Psychol., vol. 60, no. November 2019, 2020.

L. F. M. G. Pedro, C. M. M. de O. Barbosa, and C. M. das N. Santos, “A critical review of mobile learning integration in formal educational contexts,†Int. J. Educ. Technol. High. Educ., vol. 15, no. 1, 2018.

L. A. Schindler, G. J. Burkholder, O. A. Morad, and C. Marsh, “Computer-based technology and student engagement: a critical review of the literature,†Int. J. Educ. Technol. High. Educ., vol. 14, no. 1, 2017.

Sri-Edi Swasono, KI Hajar Dewantara (Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan,Sikap Merdeka) II Kebudayaan, Cetakan ke. Universiatas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST Pres)s, 2013.

Sri-Edi Swasono, KI HAJAR DEWANTARA (Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka) I Pendidikan, Cetakan ke. yogyakarta: Universiatas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST Pres)s, 2013.

M. Ki and H. Dewantara, “Tujuan Pembelajaran .... – Taufik- ||152,†no. c, pp. 152–157.

Kemendikbud, Permendikbud 37 tahun 2018. 2018.

Published

2020-03-12

Citation Check