PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI BRIEFING DAN EVALUASI
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kinerja guru melalui briefing dan evaluasi. Subyek penelitian adalah Guru di SMK Ma’arif 2 Temon sebanyak 22 orang. Subyek penelitian adalah Kepala Sekolah dan  Guru SMK Ma’arif 2 Temon sejumlah 23 orang. Dalam penelitian ini digunakan teknik penelitan deskriptif kualitatif, merupakan salah satu dari jenis penelitian kualitatif yang menggambarkan atau melukiskan objek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau sebagaimana adanya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan seberapa besar peningkatan kinerja guru melalui briefing dan evaluasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk memastikan kebenaran data peneliti menggunakan metode trianggulasi. Analisis data dilakukan dengan model interaktif yang dimulai dengan kegiatan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa briefing dan evaluasi memberikan pengaruh terhadap peningkatan kinerja guru di SMK Ma’arif 2 Temon. Ketercapaian tujuan pendidikan sangat ditentukan oleh tugas profesional guru khususnya dalam proses pembelajaran, karena guru merupakan pihak yang paling banyak berhubungan langsung dengan siswa dalam pembelajaran. Guru yang profesional diharapkan memiliki kinerja yang baik dalam upaya meningkatkan kualitas anak didiknya.
Kata kunci: Kinerja Guru, briefing, evaluasi