PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE PEER TUTORING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMK
Abstract
Abstrak: Penelitian ini berlatar belakang kenyataan bahwa keaktifan belajar matematika siswa kelas X Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) SMK Negeri 2 Kebumen untuk pelajaran Matematika  masih rendah. Masalah yang dikaji adalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif peer tutoring dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika . Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif peer tutoring Penelitian ini dilaksanakan di kelas X  Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB)  SMK Negeri 2 Kebumen tahun pelajaran 2019/2020  bulan Februari 2020. Subyek penelitian terdiri dari 36 siswa. Prosedur Penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif .  Metode  penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pengembangan model pembelajaran kooperatif metode peer tutoring di SMK Negeri 2 Kebumen memberikan dampak yang positif dalam meningkatkan keaktifan siswa SMK Negeri 2 Kebumen. Situasi pembelajaran terlihat interaktif dan penuh makna dan sistematis terlihat dari aktiviatas guru memberikan motivasi, menjelaskan hal yang akan dipelajari, membentuk kelompok, memberikan materi, serta memberikan pembahasan materi yang diberikan kepada peserta didik. Aktivitas-aktivitas guru tersebut mendorong peserta didik untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran seperti menyiapkan keperluan belajar, melakukan diskusi kelompok, bertanya, memperhatikan, dan juga melakukan debat dengan anggota kelompok yang lainnya
Kata kunci: metode peer tutoring, keaktifan siswa.
References
Daftar Pustaka
Arikunto, Suharsimi. 1998. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. 2008. Petunjuk Teknis Penilaian Sekolah Menegah Kejuruan. Jakarta
Depdiknas. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan SI dan SKL
Depdiknas. PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Desmita. 2005. Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rodakarya
Endang Mulyatiningsih. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta
http://www.sinonimkata. com/sinonim-146970-keaktifan.html ( Diunduh 20 Oktober 2014
Isjoni. 2011. Kooperatif Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Kline (1990) dalam http://id.wikipedia.org/wiki/Matematika (Diunduh 21 Januari 2015).
Mubbin Syah. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nana Sudjana, 2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Rosdakarya
Regina Alfiyah. 2017. Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Tentang Bangun Ruang Sisi Datar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Bagi Siswa Kelas VIII D MTs Negeri Kaleng Puring Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016 dalam Majalah Jurnal Pendidikan Bhakti Utama Vol. 10. 4/2017.
Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Suprijono, Agus. 2010. Kooperatif Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Suwandi dan Basrowi 2008. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas, Bogor: Ghalia Indonesia
Syaifurahman dan Tri Ujiati. 2013. Manajemen dalam Pembelajaran Jakarta: PT Indeks
Umi Zamoh 2012 yang berjudul Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan melalui Metode Kooperatif Siswa Kelas VII-A SMP Islam Gandusari
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang sistem Pendidikan Nasional
Vern Jones & Luise Jones, 2012. Convrhensive Clasroom Management . Penerjemah Intan Irawati. Jakarta: Pernada Media Group