PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE PEER TUTORING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMK

Penulis

  • heni purwaningsih purwaningsih SMK NEGERI 1 KEBUMEN

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini berlatar belakang kenyataan bahwa keaktifan  belajar matematika siswa kelas X Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) SMK Negeri 2 Kebumen untuk pelajaran Matematika  masih rendah. Masalah yang dikaji adalah  apakah penerapan model pembelajaran kooperatif peer tutoring dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika  . Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif peer tutoring  Penelitian ini dilaksanakan di kelas X  Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB)  SMK Negeri 2 Kebumen  tahun pelajaran 2019/2020  bulan Februari 2020. Subyek penelitian terdiri dari 36 siswa. Prosedur Penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif .  Metode  penelitian yang digunakan adalah  lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pengembangan model pembelajaran kooperatif metode peer tutoring  di SMK Negeri 2 Kebumen memberikan dampak yang positif dalam meningkatkan keaktifan siswa SMK Negeri 2 Kebumen. Situasi pembelajaran terlihat interaktif dan penuh makna dan sistematis terlihat dari aktiviatas guru memberikan motivasi, menjelaskan hal yang akan dipelajari, membentuk kelompok, memberikan materi, serta memberikan pembahasan materi yang diberikan kepada peserta didik. Aktivitas-aktivitas guru tersebut mendorong peserta didik untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran seperti menyiapkan keperluan belajar, melakukan diskusi kelompok, bertanya, memperhatikan, dan juga melakukan debat dengan anggota kelompok yang lainnya

Kata kunci: metode peer tutoring, keaktifan siswa.

Referensi

Daftar Pustaka

Arikunto, Suharsimi. 1998. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2008. Petunjuk Teknis Penilaian Sekolah Menegah Kejuruan. Jakarta

Depdiknas. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan SI dan SKL

Depdiknas. PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Desmita. 2005. Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rodakarya

Endang Mulyatiningsih. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta

http://www.sinonimkata. com/sinonim-146970-keaktifan.html ( Diunduh 20 Oktober 2014

Isjoni. 2011. Kooperatif Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Kline (1990) dalam http://id.wikipedia.org/wiki/Matematika (Diunduh 21 Januari 2015).

Mubbin Syah. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nana Sudjana, 2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Rosdakarya

Regina Alfiyah. 2017. Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Tentang Bangun Ruang Sisi Datar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Bagi Siswa Kelas VIII D MTs Negeri Kaleng Puring Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016 dalam Majalah Jurnal Pendidikan Bhakti Utama Vol. 10. 4/2017.

Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suprijono, Agus. 2010. Kooperatif Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Suwandi dan Basrowi 2008. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas, Bogor: Ghalia Indonesia

Syaifurahman dan Tri Ujiati. 2013. Manajemen dalam Pembelajaran Jakarta: PT Indeks

Umi Zamoh 2012 yang berjudul Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan melalui Metode Kooperatif Siswa Kelas VII-A SMP Islam Gandusari

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang sistem Pendidikan Nasional

Vern Jones & Luise Jones, 2012. Convrhensive Clasroom Management . Penerjemah Intan Irawati. Jakarta: Pernada Media Group

Diterbitkan

2020-03-13