Manajemen Perpustakaan Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa SMK
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui perencanaan perpustakaan SMK; 2) mengetahui pengorganisasian perpustakaan SMK; 3) mengetahui pelaksanaan pengelolaan perpustakaan SMK; 4) mengetahui kendala yang dihadapi dalam manajemen perpustakaan SMK. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Metode pengumpulan data adalah in depth interview (wawancara mendalam). Berdasarkan data yang diperoleh dari perpustakaan SMKN 4 Yogyakarta didapatkan hasil perhitungan rata-rata jumlah pengunjung perpustakaan meningkat pada tahun 2017 sebanyak 743 pengunjung perbulan, tahun 2018 sebanyak 144 pengunjung perbulan, dan pada tahun 2019 sebanyak 2047 pengunjung perbulan. Hal ini signifikan dengan hasil penelitian adalah: 1) adanya perencanaan Perpustakaan sudah dilaksanakan dengan baik, meliputi perencanaan jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. 2)  Pengorganisasian perpustakaan sudah dilakukan dengan baik. 3) Pelaksanaan pengelolaan perpustakaan sudah dilaksanakan dengan baik, yaitu meliputi: pelaporan sirkulasi buku, penambahan koleksi, layanan untuk pemustaka, PKB untuk staf perpustakaan.4) Kendala yang dihadapi konsistensi kegiatan duta perpustakaan, ketertiban pemustaka, penggunaan ruang yang tidak sesuai dengan fungsinya, kebersihan perpustakaan. Sehingga jumlah kenaikan yang sangat signifikan tersebut sebanding lurus dengan minat baca siswa.
Kata kunci: Manajemen, Perpustakaan, Minat Baca
Â
Abstract: This study aims to find out: 1) the vocational high school library planning; 2) vocational high school library organization 3) vocational high school library management implementation; 4) the obstacles faced in vocational high school library management. This qualitative research used descriptive analysis method. The data were gathered by employing in-depth interview method. Based on the data obtained from SMK N 4 Yogyakarta library, the average number of library visitors was 743 per month in 2017, 144 per month in 2018, and increased to 2047 per month in 2019. This is significant with the following results: 1) the library planning including the short-term, medium-term and long-term planning has been well implemented; 2) the library has been well organized 3) the implementation of the library management which includes book circulation reports, number of book collections increase, library users services, PKB for library staff, has been carried out well; 4) the obstacles faced were the consistency of the library student ambassador activities, the orderliness of the users, the space use that is not in accordance with its function, and the cleanliness of the library. It is concluded that the number of the significant increases is directly proportional to students' reading interest.
Keywords: management, library, reading interest
References
Ika Krismayani. 2018. Mewujudkan Fungsi Perpustakaan di Daerah. http://ejournal.undip.ac.id/index.php/anuva, Volume 2 (2):233-242,2018.
Andika, A. S., Anang, S. 2019. Penguatan Literasi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kunjungan Perpustakaan. Prosiding Seminar Nasional PGSD, halaman 24.
Arum, N. W., Candradewi, W. A., 2019. Meningkatkan Minat Membaca Melalui Gerakan Literasi Membaca Bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding of Biology Education,(2019), 3 (1), 26-31.
Adhitya, S.P., Roemintoyo, Sri, S. 2018. Analisis Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jurnal.uns.ac.id, IJCEE Vol.4 no.2 Desember 2018, Hal 82-92.
Pupu, S.R. 2019. Penelitian kualitatif. Jurnal penelitian kualitatif, Volume 5, No.9, hal.8.
Mansyur, H.M. 2015. Manajemen Perpustakaan Sekolah. Jurnal.iainponorogo.ac.id, Vol.7, No.1 Tahun 2015.
Andi, I. 2014. Konsep Dasar Manajemen Perpustakaan Dalam Mewujudkan Mutu Layanan Prima Dengan Sistem Mutu Kembali Informasi Berbasis Digital. Jurnal Ilmu Perpustakaan & Kearsipan Khizanah Al-Hikmah, Vol.2 No. 2, hlm. 129-138.
Herlani, R. 2018. Evaluasi Pelayanan Perpustakaan Di SMA Negeri 3 Kota Tangerang Selatan. Repository.uinjkt.ac.id
Sari, W., Marlini. 2012. Penerapan Fungsi Manajemen Dalam Pengelolaan Perpustakaan Di SMK Tamansiswa Padang. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan. Vol. 1, No.1 September 2012.
Tohirin. 2016. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta. RajaGrafindo Persada. Hal. 24.