MANAJEMEN BURSA KERJA KHUSUS MENYIAPKAN SISWA DAN MENYALURKAN LULUSAN SMK

Penulis

  • achmad sutarmo SMK Negeri 1 Kebumen

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi Bursa Kerja Khusus (BKK): (1) Perencanaan; (2) Pelaksanaan;(3) Pengawasan;(4) Hambatan yang hadapi dalam menyiapkan dan menyalurkan lulusan SMK Tamtama Karanganyar.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu  Ketua  BKK,  Sekretaris  BKK,  Staf  BKK,  Waka Humas, dan alumni di SMK Tamtama Karanganyar dengan teknik pengambilan sampel purposive. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi.  Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman. Teknik keabsahan data dengan triangulasi sumber dan metode.

Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut : (1) Perencanaan dilakukan pada awal tahun ajaran baru yang terdiri dari pembentukan tim, perumusan tujuan, penentuan strategi, penentuan program, penentuan prosedur, sasaran  humas,  media  humas  dan  penentuan  anggaran.  (2) Pengorganisasian BKK yaitu dengan pembetukan tim BKK /struktur BKK(3)  Pelaksanaan  yaitu pendaftaran pencari kerja, mencari dan mendaftar lowongan  pekerjaan,  memberi  penyuluhan  dan  bimbingan  berupa  bimbingan karir, melakukan penawaran kepada dunia usaha dunia industri, melakukan pengiriman/  penyaluran  lulusan  ke  dunia  kerja. (4)  Evaluasi meliputi pengawasan dan tindak lanjut yaitu pembuatan laporan dan pemantauan oleh Kepala Sekolah, Dikpora, serta Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi. (5) Hambatan internal yaitu kurang tersalurkannya alumni sesuai dengan kompetensinya sehingga menyulitkan untuk mengembangkan karirnya, sedangkan hambatan eksternal yaitu masih adanya pelanggaran yang dilakukan alumni dalam bekerja sehingga mengakibatkan kurang harmonisnya BKK dan mitra kerja.

 

Kata kunci : Manajemen, Bursa Kerja Khusus (BKK), Menyiapkan Siswa dan Meyalurkan Lulusan SMK

Referensi

A.L. Hartani. (2011). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Laksbang PressIndo. Atep Adya Barata. (2003). Dasar-dasar Pelayanan Prima. Jakarta: Gramedia.

Burhan Bungin (ed.). (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Press.

Dadang Suhardan dkk. (2009). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Depnaker dan Transmigrasi RI, Dirjen Binapenta. (2001). Petunjuk Teknik Bursa Kerja Khusus. Jakarta: Depnakertrans RI.

Frida Kusumawati. (2002). Dasar-Dasar Hubungan Masayarakat. Jakarta: Ghalia Indonesia.

F.Rachmadi. (1996). Public Relations dalam Teori dan Praktek Aplikasi dalam Bidang Usaha Swasta dan Lembaga Pemerintah. Jakarta: Gramedia Pusataka Utama.

Hasan Bachtiar. (2002). Perencanaan Pembelajaran Bidang Studi. Bandung: Pustaka Ramadhan.

Husaini Usman. (2013). Manajemen: Teori, Praktek, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Miles, B.M. dan M.Huberman. 1992. Analisis data kualitatif buku sumber tentang metode-metode baru. Jakarta: UIP. p.15, 20

Muhyadi, dkk. (2011). Tanggapan dunia usaha dunia industri terhadap pelaksanaan praktek kerja industi kompetensi keahlian administrasi perkantoran smk n 1 depok. Hasil penelitian. Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi UNY

Nana Rukmana. (2006) .Strategic Partnering For Education Management. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2007. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode penelitan pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Diterbitkan

2020-03-16