Manajemen Pengelolaan Kelas Guru Menata Produk Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa SMK

Penulis

  • kis wati

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui usaha guru menata produk dalam memanej pengelolaan kelas kaitannya dengan kedisiplinan pada siswa kelas XII PM di SMK Tamtama Karanganyar.Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan teknik pengumpulan data melalui obervasi,wawancara,angket dan dokumentasi.Subyek data dalam penelitian ini adalah guru menata produk 1 orang serta siswa kelas XII PM 28 orang.Adapun hasil penelitian ini adalah 1) Usaha guru menata produk dalam melakukan pengelolaan kelas untuk meningkatkan kedisiplinan, menunjukkan bahwa: a) Melakukan penataan ruang,melakukan penerapan metode pembelajaran, dan melakukan evaluasi setelah proses pembelajaran,b) Gambaran kedisiplinan siswa yakni dalam kelas terjadi kegaduhan yang dilakukan siswa meskipun guru selalu menegurnya.Indikasi bentuk kedisiplinan itu adalah siswa mengajak temen sebangkunya berbicara,siswa ribut saat gurunya ijin keluar sebentar,serta mentertawakan temennya yang salah dalam menjawab pertanyaan yang dilontarkan gurunya pada saat kegitan belajar mengajar di kelas. c) Kaitannya guru menata produk dalammengelola kelas dengan kedisiplinan sangat erat kaitannya dengan kelancaran proses belajar mengajar,apabila guru kurang terampil dalam melakukan pengelolaan kelas,maka proses belajar mengajar pun terhambat dan sebaliknya.

Kata kunci: Manajemen pengelolaan kelas, guru menata produk,kedisiplinan

 

Abstract: The objective of the research is to find out the effort of displaying product teacher in managing the class related with the discipline of class XII PM in SMK TamtamaKaranganyar. This research is a field research. The data collecting technique are observation, interview, questionnaire, and documentation. The subjects of the research are 1 displaying product teacher and 28 students of XII PM. The result of the research shows that the effort of the displaying product teacher in managing the class to increase the students discipline shows that: a) Conducting room arrangement, conducting learning method, and evaluating, b) the description of students discipline could be shown by the noise done by students even though the teacher always gives warning. The indication is that the students ask their desk mate to chat, students make noise when the teacher has moment outside, and laughing at their friend when he/she makes mistakes in answering question in teaching learning process in classroom, c) the class management of displaying product teacher has close relationship with the smoothness of teaching learning process. If the teacher is less competent in managing classroom, the teaching learning process will be obstructed.

Keywords: Class management,Displying product teacher,Discipline     

 

Referensi

DaftarPustaka

Ahmad Rohani, Pengelolaan dan Pengajaran, (Jakarta: PT.Rineka Cipta, 2010). H 147

Syaiful Bahri Djamarah,Strategi Belajar Mengajar,(cet.I;Jakarta: PT.Rineka Cipta,1996).H 112

Rukmana, A. & Asef Suryana. 2011. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Muhammad Yusuf (2012).PengaruhKedisiplinan Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Pada Siswa SDN 107 Setia Rejo di Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu,(Palopo:STAIN Skripsi,2012) .H20

Darman, A. (2018). Manajemen Pengelolaan Kelas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa. IQRO: Journal of Islamic Education, 1(2), 163–176. https://doi.org/10.24256/iqro.v1i2.498

Erpidawati, E., & Susanti, E. (2019). Kontribusi Pengelolaan Manajemen Kelas Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Fakultas Kesehatan Dan Mipa Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Jurnal Benefita, 1(1), 70. https://doi.org/10.22216/jbe.v1i1.2405

Islam, F. A., & Surakarta, U. M. (2010). DI SEKOLAH ALTERNATIF QARYAH THAYYIBAH SALATIGA.

Maharani, R. D. (2018). Jurnal Bisnis Dan Manajemen. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 2(31), 130.

Medan, P. B. (2018). Pengelolaan Murid Unggul Berbasis Manajemen Kelas Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ). III(1), 70–94.

Nursalam, 2016, metode penelitian. (2013). 済無No Title No Title. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Pangastuti, R., & Solichah, I. (2017). Studi Analisis Manajemen Pengelolaan Kelas di Tempat Penitipan Anak (TPA) Khadijah Pandegiling Surabaya. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, (2), 35–50.

Wawancara,Rasino,Guru Menata Produk kelas XII SMK Tamtama Karanganyar Kabupaten Kebumen, 14 Februari 2020

Sumber,observasi pada tanggal 14 – 22 Februari 2020 di SMK Tamtama Karanganyar Kebumen

Diterbitkan

2020-03-16