Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Berbasis Smartphone dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMK

Penulis

  • Harini Mintarsih SMK N 1 Kebumen

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan aplikasi Quizizz berbasis Smartphone dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik SMK. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif yang didukung data kualitatif. Tujuan utama penelitian deskriptif adalah untuk mendapatkan gambaran detail dari sebuah situasi, sekaligus menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti siapa, kapan, dimana, dan bagaimana. Dipilihnya jenis penelitian deskriptif, karena penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hal-hal yang terkait dengan pemanfaatan aplikasi Quizizz berbasis Smartphone dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik SMK. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI OTKP 4 dengan jumlah 35 orang, pada Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata kelola Perkantoran SMK Batik Sakti 1 Kebumen. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dengan cara wawancara dan observasi, serta menggunakan data sekunder berasal dari dokumen-dokumen yang ada di SMK Batik Sakti 1 Kebumen yang mendukung penelitian. Dari hasil penelitian dapat diungkapkan bahwa pembelajaran dengan pemanfaatan aplikasi Quizizz berbasis smartphone ini disamping menyenangkan, menantang, dan interaktif akan berdampak positif pada peningkatan motivasi belajar siswa.

 

Kata kunci: Aplikasi Quizizz, Smartphone, Motivasi Belajar

Referensi

Agustina, L., & Rusmana, I. M. (2019). Pembelajaran matematika menyenangkan dengan aplikasi kuis online quizizz. 1–7.

Paringin, S. (n.d.). PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP MOTIVASI THE INFLUENCE OF BLENDED LEARNING MODEL ON MOTIVATION AND ACHIEVEMENT Abstract : The Influence of Blended Learning Model on Motivation and Achievement of Vocational. 2, 234–249.

Setiawan, A., Wigati, S., & Sulistyaningsih, D. (2020). Implementasi Media Game Edukasi Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Kelas X Ipa 7 Sma Negeri 15 Semarang Tahun Pelajaran 2019 / 2020. Seminar Nasional Edusainstek FMIPA UNIMUS 2019 ISBN, ISBN, 2020, 167–173.

Wihartanti, L. V., Ramadhan Prasetya Wibawa, Rohana Intan Astuti, & Pangestu, bayu aji. (2019). Penggunaan aplikasi quizizz berbasis smartphone dalam membangun kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran 2019, 362–368. Retrieved from file:///C:/Users/HP/Downloads/335-1153-1-PB.pdf

Arsyad, A. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Purba, L. S. L. 2019. Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. JDP. 12(1) : 29

Mei, S. Y. 2018. Implementing Quizizz as Game Based Learning in the Arabic Classroom. European Journal of Social Sciences Education and Research. 12(1): 211

http://tetramultatisari.blogspot.com/2015/11/teknologi-smartphone.2.html (diakses pada tanggal 20 Februari 2020)

Sardiman. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo.

Oka, A. P. G. 2017. “Media dan multi media pembelajaranâ€. Yogyakarta: cv budi utama.

Rohmah, O. C. 2017. “Pengaruh Penggunaan Gadget Dan Lingkungan Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas Xi Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran Smk Muhammadiyah 2 Yogyakartaâ€. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.(fatkhan.web.id, diakses tanggal 20 Februari 2020)

Sardiman. 2014. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.

Diterbitkan

2020-03-16