Penerapan Metode Peta Konsep/Mind Map Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPA di SMP Negeri 2 Pajangan

Authors

  • kadarman kadarman SMP2 Pajangan, Indonesia

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar peserta didik SMPN 2 Pajangan pada pembelajaran IPA. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik adalah kurangnya variasi metode yang digunakan saat pembelajaran. Rumusan masalah yang dikaji dalam dalam penelitian ini adalah: apakah penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan minat dan hasil belajar IPA materi Pencemaran Lingkungan pada peserta didik kelas VII SMPN 2 Pajangan Tahun Pelajaran 2018/2019?Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus yang masing-masing terdiri empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan menggunakan metode mind mapping. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A SMPN 2 Pajangan sejumlah 32 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian tindakan kelas pada siklus I yang mencapai KKM sebanyak 13 anak dari 32 anak atau 40,63%,dengan nilai rata-rata 64,32. Selanjutnya pada siklus II yang mencapai KKM sebanyak 23 anak dari 32 anak atau 71,88%,dengan nilai rata-rata 70,31.Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan menerapkan metode mind mapping dapat meningkatkan minat dan hasil belajar IPA pada materi Pencemaran Lingkungan pada kelas VII A SMPN 2 Pajangan Tahun Pelajaran 2019-2020. Kata kunci : Minat dan Hasil Belajar, Metode Pembelajaran Mind Mapping Abstract: A The research was motivation by the low students achievement in learning natural sciences. One of the causes of low students learning outcomes is the lack of variation in the method used when learning. The formulation of the problem examined in this study was whether the application of mind mapping method can increase the interest and learning outcomes of the material of soil structure on fifth grade students in SMPN 2 Pajangan in the year 2019/2020? This study uses classroom action research in two cycles, each of which consists of four stage, namely planning, implementing, observing, and reflecting using the mind mapping method. The subject of this study was fifth grade students in SMPN 2 Pajangan with a total of 32 students. Data collection techniques using observation, test, documentation. The result of classroom action research in cycle I reached KKM as many as 13 students from 32 students or 40,63,3% , with an average score of 64,32. Furthermore, in cycles II, the KKM reached 23 students from 24 students or 71,88 %, with an average score of 70,31. The conclusion of this study is that learning by applying the mind mappin method can increase the interest and learning outcomes of the material environmental pollution in fifth grade students in SMPN 2 Pajangan in the academic year 2019/2020. Key words : Interest, Learning outcomes, and mind mapping learning method.

Published

2020-03-16

Citation Check