PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA SMK

Penulis

  • YANI TRI PURWANTI SMK NEGERI I KEBUMEN

Abstrak

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran model Two Stay Two Stray dalam meningkatkan partisipasi siswa SMK mata pelajaran matematika. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI program keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) di SMK Negeri 1 Puring dengan jumlah 36 siswa dan guru mata pelajaran matematika. Jenis penelitian yang akan dibahas dalam tulisan ini adalah deskriptif kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi, interview dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pengembangan model pembelajaran kooperatif Two Stay To Stray  di SMK Negeri 1 Puring memberikan dampak yang positif dalam meningkatkan partisipasi siswa SMK Negeri 1 Puring. Situasi pembelajaran terlihat interaktif dan penuh makna dan sistematis terlihat dari aktivitas guru dalam memberikan motivasi, menjelaskan hal yang akan dipelajari, membentuk kelompok, memberikan materi, serta memberikan pembahasan materi yang diberikan kepada peserta didik. Kelebihan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray adalah siswa lebih berpartispasi aktif dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran akan lebih bermakna. Sedangkan kekurangan dari model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray adalah membutuhkan persiapan yang matang karena dalam proses pembelajaran membutuhkan waktu yang lama dan pengelolaan kelas yang optimal.

 

Kata kunci: model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray , partisipasi siswa

 

Abstract:

This study aims to develop a Two Stay Two Stray learning model in increasing the participation of vocational students in mathematics. The research subjects were students of class XI Light Vehicle Engineering (TKR) skills program at SMK Negeri 1 Puring with a total of 36 students and teachers of mathematics. The type of research that will be discussed in this paper is descriptive qualitative. The research method used is observation, interview and documentation.

The results of this study revealed that the development of the Two Stay To Stray cooperative learning model in SMK Negeri 1 Puring had a positive impact in increasing the participation of SMK Negeri 1 Puring students. The learning situation looks interactive and meaningful and systematic is seen from the teacher's activities in providing motivation, explaining things to be learned, forming groups, giving material, and giving discussion of material given to students. The advantages of the Two Stay Two Stray type of cooperative learning model are that students are more actively participating in the learning process so that learning will be more meaningful. While the shortcomings of the Two Stay Two Stray type of cooperative learning model is that it requires careful preparation because the learning process requires a long time and optimal classroom management.

 

            Keywords:   Two Stay Two Stray cooperative learning models, student participation

Referensi

Daftar Pustaka

Surianto., Muhammad,A., Joko, N. (2014). Penerapan model pembelajaran dengan metode two stay two stray (TS-TS) pada mata diklat teknik mesin di SMK muhamadiyah sumowono. Jurnal teknologi pendidikan dan pembelajaran, 2, 199 – 210.

Arzak ., Muchtar, I. (2015). Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (tsts) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas viii smp negeri 10 kendari pada pokok bahasan operasi bentuk aljabar. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika,3.

Ni Putu A, Y, E, D., Rini, K., Semara, P. (2015). Pengaruh model pembelajaran kooperatif two stay two stray berbasis kontruktivis dan motivasi belajar terhadap hasil belajar ipa siswa kelas v. e-Journal MIMBAR PGSD universitas pendidikan ganesha, 2.

Sofia, B. (2015). pengembangan perangkat pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (tsts) berorientasi pendidikan karakter berbasis konstruktivisme materi lingkaran kelas viii. Jurnal Litbang, 11, 74 – 80.

Dwinda N, K., Menza H., Darmaji. (2016). Upaya meningkatkan partisipasi dan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share di kelas xi mia7 sman 1 muaro jambi. Jurnal EduFisika , 1.

Ida,Fiteriani.(2016). Model pembelajaran kooperatif dan implikasinya pada pemahaman belajar sains di sd/mi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 3.

Hana, Sundari http://journal.unas.ac.id/pujangga/article/viewFile/321/219 diakses tanggal 19 februari 2020

https://www.kajianpustaka.com/2016/03/model-pembelajaran-tipe-two-stay-two-stray.html diakses tanggal 18 Februari 2020

http://fatkhan.web.id/pengertian-pembelajaran-kooperatif/

Fina, Arianti. 2017. “Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Minyak Bumi di SMA N 1 Unggul Darul Imarah Aceh Besarâ€. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan , Program Studi Pendidikan Kimia, Banda Aceh.

Agatha, Sulistyorini. 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Pangudi Luhur Yogyakartaâ€. Skripsi. FKIP, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Yogyakarta.

Diterbitkan

2020-03-17