Motivasi Belajar dan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Akuntansi Keuangan Menggunakan Metode Demontrasi

Penulis

  • yuni anjrahmutiar kusumastuti smk n I karanganyar kebumen

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan keaktifan siswa dalam pelajaran akuntansi keuangan dengan menggunakan metode demontrasi pada pokok bahasan Persediaan di kelas XI AK2 SMK Tamtama Karanganyar Kebumen. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI AK2 SMK Tamtama Karanganyar Kebumen yang berjumlah 40 anak dan guru yang mengampuh Akuntansi Keuangan. Siswa akan termotivasi dan ikut aktif dalam mengikuti pembelajaran dengan baik jika guru mampu menciptakan suasna pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi siswa. Desain dalam penelitian ini adalah kualitatif. Tehnik pengumpulan data adalah: observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Manajemen strategi pembelajarn metode demontrasi, terdiri dari : Perencanaan pembelajaran metode demontrasi dengan menyusun strategi pembelajaran yaitu pokok bahasan, waktu , media, tujuan pembelajaran, penyajian materi 2) Penghargaan untuk siswa yang adanya peningkatan termotifasi dan ikut aktif dalam pembelajaran diberi reward / penambahan nilai. 3) Siswa yang tadinya kurang aktif dan motivasi belajarnya kurang ada berubahan /ada peningkatan dalam proses pembelajarn . Siswa menjadi termotivasi dan aktif.

Kata kunci: pembelajaran demontrasi, motivasi , keaktifan dan akuntansi keuangan

 

Abstract: This study aims to improve student motivation and activeness in financial accounting lessons by using the demonstration method on the subject of Inventories in class XI AK2 SMK Tamtama Karanganyar Kebumen. The subjects of this study were 40 students of class XI AK2 SMKTamtama Karanganya Kebumen and teachers who teach financial accounting. Students will be motivated and actively participate in participating in learning well if the teacher is able to create a learning atmosphere that is interesting and fun for students. The design in this study is qualitative. Data collection techniques are: observation, interview and documentation. The results showed that 1) Management of learning strategies demonstration methods, consisting of: Planning learning demonstration methods by compiling learning strategies namely the subject, time, media, learning objectives, presentation of material 2) Awards for students who have increased motivation and actively participate in learning are rewarded / added value. 3) There is change and  enhancement in studets who hare been less active and less motivation to learn. They are become motivated and active in learning process.Keywords: demonstration learning, motivation, activeness and financial accounting

Referensi

Candra Bagus Kumara , Penerapan Model Pembelajaran The Power Of Two Terhadap Keaktifan dan Prestasi Belajar Mengajar , 2016

https://www.kajianpustaka.com/2012/10/metode-demonstrasi-dalam-belajar.html

http://fatkhan.web.id/pengertian-keaktifan-belajar/, posting 21 Februari 2018

Lumbantobing, Dameria. “Peningkatan Motivasi Berbicara Siswa Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Metode Demonstrasi.†Jurnal Global Edukasi, vol. 3, no. 1, 2019, pp. 39–42.

Murni Mursyid, Hikma, Pengaruh Pengetahuan Dan Keaktifan Mahasiswa AKBID Muhammadiyah Palopo dalam Pengisian Partogaraf , Rakernas AIPKEMA , 2016

Nopianti, Endang Purwaningsih, Husni Syahrudin. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Akuntansi Di Sma. pp. 1–10.

Sibarani, Masnur, et al. Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Metode Demonstrasi Ilmu Pengetahuan Alam Kelas Iv Sdn 24. Vol. 1, 2012.

Studi, Program, and Pendidikan Matematika. Meningkatkan Minat dan Keaktifan Belajar Matematika . 2016, pp. 83–88.

UU SISDIKNAS ,2003

www.google.com/search?q=metode+penelitian&oq=metode+penelitian&aqs=chrome..69i57.9238j0j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8 , Pengertian dan Macam-macam Metode Penelitian

Diterbitkan

2020-03-17