Manajemen Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad/ Students Teams Achievement Divisions Dalam Mata Pelajaran Korespondensi

Penulis

  • Titin Rahayu Setjahjanti

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh informasi tentang 1) strategi pembelajaran kooperatif STAD/Student Teams Achievement Divisions, 2) kendala-kendala dalam strategi pembelajaran kooperatif STAD, 3) solusi dalam strategi pembelajaran kooperatif STAD pada mata pelajaran korespondensi kelas.X di SMK Tamtama. Pendekatan penelitian menggunakan penelitian kualitatif, Subyek penelitian adalah strategi pembelajaran kooperatif STAD, Informan ialah guru pengampu mata pelajaran korespondensi, Kepala Sekolah,,dan peserta didik kelas X, Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, Keabsahan data dengan menggunakan triangulasi metode dan sumber, Analisis Data dengan model interaktif yang dimulai dengan reduksi data, penyajian data, serta penarikan atau kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Manajemen strategi pembelajaran kooperatif STAD, terdiri dari tiga hal pokok yaitu: Perencanaan pembelajaran STAD dengan menyusun rencana strategi pembelajaran, Pelaksanaan pembelajaran STAD sudah pula dilakukan dengan baik sesuai dengan isi panduan pelaksanaan strategi pembelajaran yaitu pokok bahasan, waktu, media, tujuan pembelajaran, penyajian materi, pembagian kelompok, Kuis, Penskoran, Reward dan Evaluasi pembelajaran STAD diketahui bahwa adanya ketertarikan siswa dengan penggunaan strategi pembelajaran kooperatif STAD, 2) Hambatan- hambatan Strategi Pembelajaran Kooperatif STAD, antara lain: Kurangnya persiapan, kejelian dalam membuat soal kuis, kurang mengkondisikan waktu dan kelas, timbul rasa persaingan antar kelompok, siswa yang pandai lebih dominan, guru lebih memperhatikan kelompok yang aktif dari pada kelompok yang pasif, dan 3) Solusi Strategi Pembelajaran Kooperatif STAD ialah adanya dukungan dari Kepala Sekolah, Persiapan yang matang dan kejelian membuat soal kuis oleh pendidik, pendidik dapat mengkondisikan kelas, serta menggunakan waktu dengan efektif dan efisien.

Kata kunci: Manajemen Strategi, pembelajaran Kooperatif STAD,Korespondensi

 

Abstract: This research aims at gaining information of 1) cooperative learning strategy of STAD (Student Teams Achievement Divisions), 2) obstacles in cooperative learning strategy of STAD, 3) solutions in cooperative learning strategy of STAD of  subject correspondence for 10th grades students at SMK Tamtama Karanganyar. This research used qualitative approach conducted at SMK Tamtama Karanganyar from Februari 2020. Subject of this research was cooperative learning strategy of STAD . Informants were correspondence teacher, Principal, and 10th grades students. Technique of collecting data used observation, interview, and documentation. Technique of data validity used triangulation of source and method. Data analysis used interactive model encompassing data reduction, data display, and conclusion. The results of this research show that 1) Management of cooperative learning strategy of STAD consists of three main parts; Planning of STAD learning is by arranging learning strategy plan, Implementation of STAD learning has been run well based on guidance content of learning strategy implementation, i.e. content, time, media, learning purpose, material display, group classification, quiz, scoring, reward; and Evaluation of STAD learning reveals that there is students‟ interest on the application of cooperative learning strategy of STAD, 2) Obstacles of Cooperative Learning Strategy of STAD are low preparation, carefulness in making quiz question, low attention in conditioning time and class, competition among the groups, dominancy of smart students, more attention given by the teacher for active group than passive group, 3) Solutions of Cooperative Learning Strategy of STAD are Principal‟s support, fixed preparation, teacher‟s carefulness in making quiz questions, teacher‟s ability in conditioning class, and also the use of time effectively and efficiently.

Keywords: Strategy management, STAD Cooperative Learning,correspondence

Referensi

Daftar Pustaka

Adam, Francis Hulls.(2013). Using Jigsaw Technique As An Effective Way Of Promoting Co-Operations Learning Among Primary Sis Pupils in Finjai. International Journal Of Educations And Practice. Holy Child College Of Education, Takoradi Ghana.

Akdon. (2009). Strategic Management For Educational Management.

Alfabeta:Bandung

Amornsinlaphachai, Pensri,(2014). Designing a learning model using the STAD technique with a suggestion system to decrease learners' weakness. Faculty Of Science and Technology, Nakhonratchasima Rajabhat University. International Journal Procedia Of Social And Behavioral Science, Thailand

Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar.Jakarta : Bumi Aksara. Hamzah B, Uno.(2013). Belajar Dengan Pendekatan PAIKEM. PT.Bumi Aksara:Jakarta

Isjoni.(2012). Pembelajaran Visioner Perpaduan Indonesia-Malaysia. Pustaka Pelajar:Yogyakarta

(2013). Cooperative Learning Mengembangkan Kemampua n Berkelompok.

Alfabeta:Bandung

Machali, Imam,dkk.(2016). The Handbook of Education Management. Prenada Media Grup:Jakarta

(2012). Pengelolaan Pendidikan. Kaukaba:Yogyakarta

Munawaroh.(2013). The Effect of Type Stad Cooperative Learning Model, the Way of

Rohmat (2012). Pilar Peningkatan Mutu Pendidikan.Cipta Media Aksara:Yogyakarta

(2016). Memelihara Kualitas Proses Belajar Mengajar Berbasis Media.

Gerbang Media:Yogyakarta

(2017). Manajemen Pembelajaran. Taujih:Sukoharjo

Sugiyono.(2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D.

Alfabeta:Bandung

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003.Sistem Pendidikan Nasional. Lembaga Informasi Nasional:Jakarta.

Diterbitkan

2020-03-17