Hubungan Iklim Kerja di Sekolah dan Motivasi Kerja dengan Kinerja Guru Akuntansi pada SMK di Gunungkidul

Penulis

  • Aris Dewi Ekarisma SMK Muhammadiyah Karangmojo

Abstrak

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui hubungan Iklim Kerja di Sekolah terhadap Kinerja Guru Akuntansi pada SMK di Gunungkidul (2) Untuk mengetahui hubungan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Akuntansi pada SMK di Gunungkidul (3) Untuk mengetahui hubungan Iklim Kerja di Sekolah dan Motivasi Kerja secara bersama-sama terhadap Kinerja Guru Akuntansi pada SMK di Gunungkidul. Subjek penelitian ini adalah guru akuntansi pada SMK di Gunungkidul yang berjumlah 38 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis product moment dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara Iklim Kerja di Sekolah dengan Kinerja Guru Akuntansi pada SMK di Gunungkidul, dibuktikan dengan harga r hitung 0,621 lebih besar dari r tabel yaitu 0,320 (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara Motivasi Kerja dengan Kinerja Guru Akuntansi pada SMK di Gunungkidul, dibuktikan dengan harga r hitung 0,538 lebih besar dari r tabel yaitu 0,320 (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara Iklim Kerja di Sekolah dan Motivasi Kerja secara bersama-sama dengan Kinerja Guru Akuntansi pada SMK di Gunungkidul. Hal ini dibuktikan dengan hasil koefisiensi korelasi ganda (R) sebesar 0,671 dan harga F hitung 14,325 lebih besar dari F tabel yaitu 3,26.

Kata kunci: Iklim Kerja, Motivasi Kerja, dan Kinerja Guru Akuntansi

Abstract: This study aims at: (1) to find out the relation of work climate in school with accounting teachers` performance at Vocational High Schools in Gunungkidul (2) to find out the relation of work motivation with accounting teachers` performance at Vocational High Schools in Gunungkidul (3) to find out the relation of work climate in school and work motivation altogether with accounting teachers` performance at Vocational High Schools in Gunungkidul. The subjects of the study were 38 accounting teachers at Vocational High Schools in Gunungkidul. The data collection technique used was questionnaire and documentations. The data analysis technique used was analysis of product moment and double correlation. The result of the study showed that (1) there was a positive and significant relation between work climate in school with accounting teachers` performance at Vocational High Schools in Gunungkidul, proved with the r value counted as 0.621 higher than the table r which is 0.32 (2) there was a positive and significant relation between work motivation and accounting teachers` performance at Vocational High Schools in Gunungkidul, proved with the r value counted as 0.538 higher than the table r which is 0.320, (3) there was a positive and significant relation of work climate in school and work motivation altogether with accounting teachers` performance at Vocational High Schools in Gunungkidul. This was proved with double correlation coefficient result as much as 0.671 and F value counted as 14.325 higher than the table F which is 3.26.

Keywords : work climate, work motivation, and teachers` performance

Referensi

Daftar Pustaka

Cemerlang. 2003. Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Cemerlang.

Danang Sunyoto. 2007. Analisis Regresi dan Korelasi Bivariat. Yogyakarta: Amara Books.

Putu Suarta, Suaedi dan Nurdin. (2019). Pengaruh Kedisiplinan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Matematika. Jurnal penelitian matematika dan pendidikan matematika (proximal), Volume 2 Nomor 2, halaman 19-26.

Sarwan, Taena L dan Karno Edi. 2019. Hubungan Kompetensi Guru dan Iklim Kerja dengan Kinerja Guru SD Negeri. Jurnal wahana kajian pendidikan ips. Volume 3 Nomor 2, halaman 1-8.

Septiani, Dwi. 2015. Hubungan antara Motivasi Kerja dan Iklim Kerja dengan Kreativitas Guru Pasraman Se- DKI Jakarta. Jurnal manajemen pendidikan. Volume 4 Nomor 1, halaman 24-38.

Sihotang, Hotmaulina. 2016. Hubungan antara Iklim Organisasidan Motivasi Kerja dengan Kinerja Guru SMA Negeri 60 Jakarta Selatan. Jurnal manajemen pendidikan. Volume 5 Nomor 1, halaman 11-26.

Suandi, 1. N. 2018. Pengaruh Kedidiplinan, Motivasi dan Kompetensi Guru terhadap Kinerja Guru pada SMK Nusa Dua Toya Anyar. Widyadari. Volume 19 Nomor 1, halaman 109-135.

Sugiyono. 2006. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Putra.

Zulkarnain, Wildan, Setiadi, dan Dadi. 2017. Hubungan antara Iklim Kerja dan Kompetensi Guru dengan Kinerja Guru SMK di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat Tahun 2016. Jurnal ilmiah profesi pendidikan. Volume 2 Nomor 2, halaman 206-221.

File Tambahan

Diterbitkan

2020-03-17