MANAJEMEN KEDISIPLINAN SISWA MELALUI EKTRAKURIKULER PRAMUKA
Abstract
Abstrak:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana program ekstrakurikuler Pramuka dapat menumbuhkan kedisiplinan siswa sebagai tolak ukur tujuan pendidikan nasional yaitu menciptakan siswa yang berkarakter di SMK Tamansiswa Karanganyar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan analisis dokumen terkait. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X berjumlah 65 siswa yang mengikuti ekstrakurikuler Pramuka, kelas XI berjumlah 72 siswa yang telah selesai mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Pramuka, dan Pembina Pramuka SMK Tamansiswa Karanganyar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam periode bulan Juli 2019 s/d Maret 2020, tingkat kedisiplinan siswa kelas XI lebih rendah dibandingkan siswa kelas X. hal ini dapat dilihat dari tingkat pelanggaran siswa kelas XI lebih tinggi (78 %) dibandingkan siswa kelas X (37 %). Dari respon siswa kelas X menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler pramuka berperan penting dalam perilaku disiplin siswa. Sedangkan respon siswa kelas XI menunjukkan bahwa setelah tidak mengikuti kegiatan Pramuka, perilaku disiplin siswa menurun drastis. Keterikatan pola pembinaan antara ekstrakurikuler Pramuka dengan keseharian siswa di sekolah sangatlah erat. Untuk itu penting bagi kepala sekolah untuk menjadikan ekstrakurikuler Pramuka sebagai program andalan tidak hanya di kelas X tetapi juga di kelas XI untuk meningkatkan kedisiplinan siswa dalam rangka menciptakan siswa dengan karakter yang baik.Â
Kata kunci: manajemen, kedisiplinan, pramuka
References
Apriyanto, A. (2019). Manajemen pembinaan kedisiplinan siswa: studi kasus pada absensi fingerprint berbasis sms gateway di smk nu kaplongan indramayu. 10(1), 79–92
Dan, K., & Siswa, K. (2018). Joyful Learning Journal. 7(1), 63–71.
Ekstrakurikuler, K., Di, P., Kedamean, S., Mabruroh, L., & Mabruroh, L. (n.d.). MANAJEMEN PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK MELALUI MANAGEMENT OF STUDENTS CHARACTER DISCIPLINE BUILDING THROUGH SCOUT EXCTRACURRICULAR IN SMPN 1 KEDAMEAN. (1), 1–6.
Elly, Rosma. 2016. Hubungan Kedisiplinan terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri 10 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar Vol. 3 No. 4 Hal. 43-53. Tersedia Pada :http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/PEAR/article/download/7540/6207
Hal, A., Gazali, N., Cendra, R., Candra, O., & Apriani, L. (2019). Aksiologiya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Penanaman Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik Melalui Ekstrakurikuler Pramuka. 3(2), 201–210.
Imron, A. (2018). Manajemen pendidikan karakter peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka. 1(September), 284–292.
Kelompok, M. B. (2019). Jurnal Mitra Pendidikan ( JMP Online ). 3(11), 1382–1394.
Mata, P., & Ekonomi, P. (2016). PENGARUH KEDISIPLINAN SISWA DAN MOTIVASI. 3(3), 261–274.
Moleong, Lexy, 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif (edisi revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Siska, 2017. “Analisis faktor Yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Siswa Kelas X, XI, Dan XII, di SMA Bhakti Yasa Singraja.†Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol: 9 No: 1 h. 8. http://ejournal.undiksha.ac.id (diakses pada hari rabu 3 mei 2017)
Sugeng Haryono. 2016. Pengaruh Kedisiplinan Siswa dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 3 No. 3 Hal 261-274. Tersedia Pada: http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/download/939/874.
Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Pendidikan, Pendeatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.