IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR DALAM BUKU TEKS BAHASA INGGRIS UNTUK SMK

Penulis

  • Manase Halitopo

Abstrak

Abstrak: Guru menggunakan buku teks untuk membantu siswa dalam proses belajar mengajar dan menggunakan buku teks sebagai sumber dalam mencapai “merdeka belajar†dikelas. Dalam mengembangkan kualitas buku teks untuk mencapai merdeka belajar, peneliti bertujuan untuk mengukur apakah buku teks Bahasa Inggris yang dipakai di SMK sudah memenuhi teori buku teks yang baik berdasarkan kerangka Tomlinson (2003) atau tidak. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dalam mengevaluasi buku teks Bahasa Inggris yang digunakan di SMK berdasarkan kerangka Tomlinson (2003). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan kuisioner. Teknik analisis data mengunakan teknik deskriptif kualitatif dengan langka kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa evaluasi buku teks Bahasa Inggris yang digunakan di SMK secara menyeluruh memenuhi kriteria dari teori buku teks yang baik berdasarkan kerangka Tomlinson (2003) yaitu, penampilan fisik (physical appearance), struktur dan pengaturan buku teks (structure and organize textbook), aktifitas/kegiatan (activities), kosa kata dan tata bahasa (vocabulary and grammar), dan tingkatan bahasa (language level). Berdasarkan penelitian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa buku teks Bahasa Inggris yang digunakan di SMK dapat mencapai “merdeka belajar†dalam proses belajar mengajar. 

Kata kunci: pembelajaran, merdeka belajar, buku teks

Referensi

Miles,M.B, Huberman,A.M, dan Saldana,J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Mukundan, J., Nimechisalem, V. & Hajimohammadi, R. (2011). Developing an English Language Textbook Evaluation Checklist: A Focus Group Study. International Journal of Humanities and Social Science.

Mulyono. (2009). Penelitian Eveluasi Kebijakan, (Online), (http:// mulyono. staff.uns .ac.id /2009/ 05/13/penelitian-evaluasi-kebijakan/, diakses 25 Februari 2020).

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Buku teks Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.

Ramayulis (2006) Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia.

Sagala, S. (2014). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Unduhan

File Tambahan

Diterbitkan

2020-03-17