Analisis Penyebab Masalah Pengucapan Bahasa Inggris Dalam Kerangka Merdeka Belajar Berbasis Konsep Ajaran Ki Hadjar Dewantara

Authors

  • Efrat Tegris

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sebab-sebab masalah pengucapan yang dialami para siswa semester pertama kelas Program Internasional Universitas AMIKOM Yogyakarta. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan pendekatan analisa linguistik. Data-data dalam penelitian ini diperoleh melalui metode kuesioner berisi 8 pernyataan tentang pengucapan. Penyataan tersebut tentang pembelajaran pengucapan yang baik, kesempatan berlatih bicara di dalam dan di luar kelas, penekanan pada pengucapan yang standar dalam proses belajar mengajar di kelas, mengkoreksi kesalahan pengucapan di kelas, menggunakan aksen lokal atau kedaerahan saat mengajar bahasa Inggris, menggunakan aksen lokal atau kedaerahan saat berbicara dalam bahasa Inggris, masalah-masalah dalam mengucapkan bunyi tertentu disebabkan oleh aksen lokal atau aksen kedaerahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 10 siswa  memberikan respon yang berbeda-beda. Dalam kaitannya dengan konsep merdeka belajar berbasis konsep ajaran Ki Hadjar Dewantara, pada praktiknya, siswa mengalami tahapan konsep Tri  N: niteni, nirokke, dan nambahi. Dengan merdeka belajar tersebut para guru harus memberi kesempatan, waktu, dan ruang kepada siswa untuk berinteraksi dan berlatih dengan baik dan benar dengan memanfaatkan berbagai sumber dan media seluas-luasnya. Guru juga harus memberi contoh pengucapan yang benar sehingga para siswa dapat niteni, nirokke, dan nambahi dalam artian berimprovisasi.

References

Blanche, P. (2004). Using Dictations to Teach Pronunciation. Modern English Teacher 13/1.

Dalton, C., and Seidlhofer, B. (1994). Pronunciation. Oxford University Press.

Fonseca Mora, C. (2000). Foreign Language Acquisition and Melody Singing. ELT Journal 54/2.

Gimson, A. (1970). An Introduction to the Pronunciation of English.

Hancock, M. (1995). Pronunciation Games. Cambridge University Press.

Hancock, M. (2005). Three Takes on Intonation. English Teaching Professional Forty.

Harmer, J. (2007). The Practice of English Language Teaching.

Janunuzi, C. (2000). Phonics Triptych. Modern English Teacher 11/1.

Jenkins, J. (1998). Which Pronunciation Norms and Models for English as an International Language? ELT Journal 52/2.

Jonas, D. (1974). English Pronouncing Dictionary. The English Language Book Society and J.M. Dent & Sons Ltd. London.

Kelly, G. (2000). How to Teach Pronunciation. Pearson Education Ltd.

Keys, K., and Walker, R. (2002). Ten Questions on the Phonology of English as an International Language. ELT Journal 56/3.

Lewis, J. (2001). Teaching Focus for Conversational Use. ELT Journal 55/1

Moarley, J. (1993). Improving Spoken English. The University of Michigan Press.

Mayer, L. (1985). Fundamental of Voice and Diction. Wm. C. Brown Publisher, Dubuque, Iowa.

Published

2020-03-17

Citation Check