EVALUASI MANAJEMEN KURIKULUM KOMPETENSI KEAHLIAN TKR DI SMK NEGERI 1 AMBAL KEBUMEN

Penulis

  • Muryati Muryati SMK N 1 Kebumen

Abstrak

mengetahui apakah manajemen kurikulum yang dilaksanakan di Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Ambal Kebumen sudah sesuai dengan ketentuan atau belum, serta membantu untuk memberikan data-data yang berguna bagi pengambilan keputusan tentang kebijakan manajemen kurikulum di masa yang akan datang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluasi dengan teknik CIPP (Context, Input, Proces, Product), yakni penelitian dengan melakukan evaluasi melalui 4 dimensi yaitu dimensi konteks, dimensi input, dimensi proses dan dimensi product. Manajemen Kurikulum pada Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Ambal Kebumen sudah dilaksanakan sesuai proses manajemen itu sendiri yakni, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil evaluasi setiap dimensi menunjukkan bahwa setiap dimensi telah terpenuhi dan dilaksanakan sesuai ketentuan. Masalah yang ditemukan adalah hampir disetiap tahapan manajemen, kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan belum terdokumentasi dengan baik. Hal ini menjadi salah satu sebab mengapa SMK Negeri 1 Ambal terakreditasi B. Namun demikian dari sisi product khususnya dalam hal ini tamatan kompetensi keahlian TKR sudah banyak yang bekerja (65%) setelah lulus dengan masa tunggu maksimal 6 bulan dan 6% diantaranya bekerja sesuai dengan bidangnya.

Referensi

Dalvi. 2013. Penerapan Manajemen Kurikulum pada Sekolah Full Day di SDIT Cahaya Hati Kota Bukit Tinggi. Jurnal al-Fikrah. Volume 1 Nomor 1, Halaman 77 – 84.

Hanifah Djafar, Murniati, Sakdiah Ibrahim. 2014. Manajemen kurikulum dalam Peningkatan Proses Pembelajaran pada SMK Negeri 1 Sabang. Jurnal Administrasi Pendidikan, Volume 4 Nomor 2, Halaman 99 – 108.

Ibrahim Nasbi, 2017. Manajemen kurikulum Sebuah Kajian Teoritis. Jurnal Idaarah, Volume 1 Nomor 2, Halaman 318 – 330.

Ikhwan Mahmudi. 2011. CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan. Jurnal At-Ta’dib, Volume 6 Nomor 1, Halaman 111 – 125.

Ipong Saputra dan Siti Mariah. (2018). Manajemen Kurikulum berbasis Life Skill di sekolah Luar Biasa (SLB) Darma Putra Semin Gunung Kidul Yogyakarta. Jurnal Media Manajemen Pendidikan, Volume 1 Nomor 1, Halaman 38 – 47.

Nur Awalludin dan Djalal Fuadi. 2018. Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di SMK. Jurnal Manajemen Pendidikan, Volume 13 Nomor 1, Halaman 82 – 90.

Rusman.2018. Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT.RajaGrafindo Persada.

Sugiono, 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Diterbitkan

2020-03-18