Peningkatan Keterampilan 4C Melalui Pembuatan Project Electrolyte Test Equipment Mata Pelajaran Kimia Materi Larutan Elektrolit

Penulis

  • Ratna Siwi Widayanti SMA Pangudi Luhur Sedayu

Abstrak

Abstrak: Kegiatan pembelajaran abad 21 memberi penekanan kepada peserta didik agar mampu berpikir kritis, kreatif,  kolaboratif dan komukatif sehingga mampu bersaing dengan bangsa – bangsa lain menuju masyarakat ekonomi ASEAN. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah model pembelajaran Project Electrolyte Test Equipment (ETE) mampu meningkatkan keterampilan 4C pada siswa kelas X MIPA  SMA Pangudi Luhur Sedayu, Bantul  semester 2 tahun pelajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan angket/kuesioner. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan observasi siswa dan angket dalam proses pembelajaran. Hasil observasi menunjukkan bahwa keterampilan 4C peserta didik dalam proses belajar mengajar meningkat dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan Power Point.  Hal ini dibuktikan dengan hasil karya Electrolyte Test Equipment yang digunakan dalam kegiatan praktikum. Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan keterampilan 4C peserta didik dengan pembelajaran Model Project Electrolyte Test Equipment. Dari hasil kuesioner diperoleh data sebanyak 32% atau 15  peserta didik sangat setuju bahwa penggunaan project Electrolyte Test Equipment mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, komunikatif dan kolaboratif, 47%  atau sebanyak 22 peserta didik menyatakan setuju, sedangkan sebanyak 20% atau 10 peserta didik menyatakan normal/biasa saja. Sebagian besar siswa merasa bahwa kegiatan pelajaran menjadi menyenangkan dengan Project Electrolyte Test Equipment. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya peserta didik yang menjawab “sangat setuju†(28% atau 13 siswa) ,  “setuju†(49% atau sebanyak 23 siswa) dan “normal atau biasa saja†(23% atau 11 siswa).

Kata Kunci: keterampilan 4C, Project, Electrolyte Tes Equipment

Referensi

Arikunto, Suharsimi.2016.Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Agus Riyanto.2019. Desain Pembelajaran Keterampilan 4C Pendidikan Abad 21.

https://www.amongguru.com/contoh-desain-pembelajaran-keterampilan-4c-pendidikan-abad-21/

Budiyono. 2003. Metodologi penelitian pendidikan. Solo: UNS Press.

Rianse, Usman dan Abdi.2009.Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Redhana, I Wayan.2019. Mengembangkan Keterampilan Abad ke-21dalam Pembelajaran Kimia. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/17824

Sugiyarti, Lina; Arif, Alrahmat dan Mursalin. 2018. Pembelajaran Abad 21 di SD.Jakarta: UNJ Jurnal ISSN: 2528-5564

Prasetyo, Synder. 2019. Peningkatan Prestasi belajar Kimia Menggunakan Metode learning Together Berbantuan Media Poster. Yogyakarta: jurnalustjogja.ac.id

Rahmawati, Ashadi, Endang. 2017. Pengembangan Modul Kimia Untuk meningkatkan kemampuan berpikir Kritis Materi Senyawa Hidrokarbon. Solo: UNS Press

Prihadi, Edi. 2018. Pengembangan Keterampilan 4C Melalui Metode Poster Coment Pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti.Jurnal Unsika.ac.id

Yuhri, Muh. 2017. Pengembangan Keterampilan 4C melalui pembuatan film pendek pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Boyolali tahun pelajaran 2016/2017. https://www.tutorial-informasi.net/2019/01/kumpulan-naskah-best-practice-prosiding.html

https://repository.usd.ac.id/9036/2/121414013_full.pdf . Mewujudkan Pembelajaran Abad 21 dan HOTS melalui Penguatan Keterampilan Proses Guru dalam PBM

Idris Apandi. Mewujudkan pembelajaran abad 21 dan hots melalui penguatan keterampilan proses guru dalam pbm. https://www.kompasiana.com/idrisapandi/5b8e7fcd12ae9436241aabf5/mewujudkan-pembelajaran-abad-21-dan-hots-melalui-pengutana-keterampilan-proses-guru-dalam-pbm?page=all

Diterbitkan

2020-03-18