Penanaman Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran Bahasa Jawa dengan Metode Role Playing

Penulis

  • umi bekti utami smk n 1 karanganyar kebumen

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran Bahasa Jawa (materi unggah-ungguh basa) sebagai sarana penanaman pendidikan karakter. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan dengan subjek penelitian meliputi siswa SMK Tamtama kelas X MP 1. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Jawa (materi unggah-ungguh basa) dapat menanamkan pendidikan karakter. Implementasinya dalam pembelajaran Bahasa Jawa dengan menggunakan metode pembelajaran Role Playing. Hal ini dikarenakan pada proses pembelajaran tersebut melibatkan peran siswa dalam pembelajaran secara aktif. Selain itu proses belajar yang menyenangkan akan membangun atmosfir tersendiri dalam pembelajaran, sehingga belajar unggah-ungguh basa terasa mudah dan efektif. Penerapan metode role playing pada pembelajaran Bahasa Jawa di SMK Tamtama Karanganyar berdasarkan fakta dapat memudahkan siswanya untuk mempelajari materi unggah-ungguh basa  secara konkret, hal ini dapat diketahui dari antusiasisme siswa dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Jawa. Sebagai hasilnya siswa lebih mudah menerapkan unggah-ungguh basa dalam kedidupan sehari-hari baik dilingkungan sekolah ataupun diluar sekolah sebagai wujud nyata perilaku yang mencerminkan karakter terutama dalam bertutur kata dan bertingkah laku .

Kata kunci: pendidikan karakter, bahasa jawa, role playing

 

Abstract:The purpose of this research is to know the implementation of Javanese language learning (speech level of Javanese) as a means of instill character education. This type of research is a qualitative study with research subjects are students of SMK Tamtama class X MP 1, The research data were collected through interview, observation, and documentation. The result of this research showed that learning Javanese (speech level of Javanese) can instill character education. The implementation in learning Javanese using  Role Playing  learning method. This is because the learning process involves the role of students in active learning. In addition, a pleasant learning process will build its own atmosphere in learning, so that learning speech level of Javanese will be easier and effective. The application of role playing method in Javanese language learning at SMK Tamtama Karanganyar based on fact can make it easier for students to learn concrete based material in concrete terms, this can be known from the enthusiasm of students in participating in learning Javanese. As a result students find it easier to apply in daily life both in the school environment or outside of school as real manifestation of behavior that reflect character, especially in speaking and behaving. 

Keywords: character education, Javanese language, role playing

Biografi Penulis

umi bekti utami, smk n 1 karanganyar kebumen

Umi Bekti Utami, S.Pd

Guru Bahasa Jawa di SMK N 1 Karanganyar Kebumen

 

Referensi

Daftar Pustaka

Abidin, A. M. (n.d.). EKSTRAKURIKULER MELALUI METODE PEMBIASAAN. 183–196.

Arafik, M., & Rumidjan, R. (2016). Profil Pembelajaran Unggah-Ungguh Bahasa Jawa Di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 25(1), 55–61. https://doi.org/10.17977/um009v25i12016p055

Ashudi. (2016). Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Unggah-Ungguh Bahasa Jawa Melalui Metode Pembelajaran Bermain Peran ( Role Playing ) Pada Siswa Kelas XI di SMA Islam Sudirman Kaliangkrik Kabupaten Magelang. Jurnal Program Studi Bahasa Dan Sastra Jawa, 08(01), 53–61. Retrieved from http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/aditya/article/view/2914.Pdf.

Elmida. (2018). Model Pembelajaran Role Playing. Jurnal Pelita Bangsa, 13(2), 111–124. Retrieved from https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/view/7151/6338

Handayani, T., & Hangestiningsih, E. (2018). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN PENGGUNAAN BAHASA JAWA SISWA DI SD KARANGMULYO YOGYAKARTA Tri Handayani 1 , Endang Hangestiningsih 2. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4, 415–419.

Hanif, N. U. R., & Riza, F. (2016). Nur hanif fauzul riza nim. 11481012.

Munawaroh, A. (2019). Keteladanan Sebagai Metode Pendidikan Karakter. 7(2).

NUR, I. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter (Ppk) Melalui Manajemen Dan Kepemimpinan Sekolah Di Smp Negeri 29 Bengkulu Utara. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 16(2), 325. https://doi.org/10.29300/attalim.v16i2.842

Palangkaraya, U. M. (2015). = 3,093 dan t. 10, 40–50.

Praheto, B. E., Sayekti, O. M., & Sudigdo, A. (2017). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Buku Ajar Bahasa Jawa Tingkat Sd Kurikulum Diy. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(1). https://doi.org/10.30738/sosio.v2i1.490

Sosial, P. (2018). PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK TUNAS MEKAR INDONESIA BANDAR LAMPUNG Putry Agung STKIP Al Islam Tunas Bangsa , Bandar Lampung Yulistyas Dwi Asmira STKIP Al Islam Tunas Bangsa , Bandar Lampung PENDAHU. 1(2), 139–158.

Veronika, P. (2017). Implementasi Pembelajaran Bahasa Jawa (Materi Tembang Dolanan) Berbasis Pendidikan Karakter Religius Dalam Kurikulum 2013. El-HARAKAH (TERAKREDITASI), 19(1), 53. https://doi.org/10.18860/el.v19i1.3929

Wijayanti, A., Rejosari, S. D. N., Kemiri, K., & Purworejo, K. (2018). PENGUATAN KARAKTER SISWA MELALUI PENGGUNAAN UNGGAH-UNGGUH BAHASA JAWA ( STRENGTHENING STUDENT CHARACTER THROUGH THE USE OF JAVA LANGUAGE PROGRAMS ).

Diterbitkan

2020-03-18