Penerapan Discovery Learning Terbimbing Dalam Pembelajaran Akuntansi Dasar di SMK

Penulis

  • wahyu fauziah

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini berdasarkan pada pemahaman bahwa penguasaan terhadap suatu konsep keilmuan lebih bisa bertahan lama apabila diperoleh sendiri karena penemuan terhadap suatu permasalahan. Oleh karena itu tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk memberikan analisis deskriptif mengenai penerapan dicovery learning terbimbing apabila diterapkan dalam pembelajaran Akuntansi Dasar. Salah satu kunci dalam keberhasilan pembelajaran adalah penerapan metode pembelajaran yang efektif. Pemerintah sudah berulang kali mengganti kurikulum dari teacher center menjadi student center dengan harapan dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas dan dapat bersaing menyesuaikan dengan perkembangan jaman. Dalam menghadapi tuntutan perkembangan di dunia pendidikan yang semakin kompetitif maka SMK Tamtama Karanganyar khususnya dalam pembelajaran akuntansi dasar menerapkan metode pembelajaran discovery learning terbimbing agar dapat menghasilkan lulusan yang benar-benar dapat menguasai dasar keilmuan akuntansi yang akan menjadi dasar untuk mempelajari akuntansi di tingkat lanjut. Pembelajaran dengan metode discovery learning terbimbing di SMK Tamtama Karanganyar Kebumen ini dilakukan dalam enam sintak, yaitu pemberian stimulus, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian dan menarik kesimpulan.

Kata kunci: metode pembelajaran, discovery learning terbimbing, pembelajaran akuntansi

 

Abstract: This research is based on the understanding that mastery of a scientific concept can last longer if it is obtained by itself because of the discovery of a problem. Therefore, the purpose of writing this paper is to provide a descriptive analysis of the implementation of guided learning diagrams when applied in Basic Accounting learning. One key to the success of learning is the application of effective learning methods. The government has repeatedly changed the curriculum from being a teacher center to a student in the hope of producing quality graduates who can compete with the changing times. In dealing with the demands of development in an increasingly competitive education world, the Tamtama Karanganyar Vocational School specifically in basic accounting learning applies guided discovery learning learning methods in order to produce graduates who can truly master the basis of accounting science which will become the basis for studying accounting at an advanced level.

Learning with the guided discovery learning method in SMK Tamtama Karanganyar Kebumen is carried out in six syntaxes, namely providing stimulus, identifying problems, collecting data, processing data, proving and drawing conclusions.

Keywords: learning methods, guided discovery learning, accounting learning

Biografi Penulis

wahyu fauziah

Wahyu Ngaisyatun Fauziah

Guru Produktif Akuntansi SMKN 1 Karanganyar Kebumen

 

Referensi

Daftar Pustaka

Maduretno, T. W., Sarwanto, S., & Sunarno, W. (2016). Pembelajaran Ipa Dengan Pendekatan Saintifik Menggunakan Model Learning Cycle Dan Discovery Learning Ditinjau Dari Aktivitas Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 2(1), 1. https://doi.org/10.25273/jpfk.v2i1.19

Mahasiswa, J., Dasar, P., Negeri, U., & Email, J. (2016). Pengaruh Metode Penemuan Terbimbing Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Matematika Siswa Jumhariyani Matematika memegang peranan penting. 62–73.

Mahdi, I., Hidayani, I., Ramadhan, H. R., Pendidikan, J., Islam, A., Agama, F., & Dahlan, U. A. (2019). METODE DISCOVERY LEARNING DALAM.

Manurung, R. (2018). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE NHT DIKELAS X. 7(3), 117–124.

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292

Meningkatkan, U., Dan, E. Q., Siswa, S. Q., & Akselerasi, S. M. P. (2015). 2015, (135 - 147). 2, 135–147.

Pembelajaran, M. (2018). Penerapan Kombinasi Model Inquiry Dengan Bantuan Mind Mapping Pada Pembelajaran Akuntansi di SMK.

Pendidikan, J., Indonesia, A., Vol, X., Listiyani, I. M., Widayati, A., Siswa, U., & Kelas, S. M. A. (2012). Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia , Vol . X , No . 2 , Tahun 2012. X(2), 80–94.

Rochani, S. (2016). Keefektifan pembelajaran matematika berbasis masalah dan penemuan terbimbing ditinjau dari hasil belajar kognitif kemampuan berpikir kreatif. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 273. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i2.5722

Yerimadesi, Y., Putra, A., & Ririanti, R. (2017). Efektivitas Penggunaan Modul Larutan Penyangga Berbasis Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Mia Sman 7 Padang. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 1(1), 17. https://doi.org/10.24036/jep/vol1-iss1/29

Diterbitkan

2020-03-18