PENGARUH PENGGUNAAN GAWAI DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SD
Abstract
Abstrak: Gawai berfungsi sebagai sarana informasi dan komunikasi tanpa batas. Hal ini dapat dimanfaatkan para siswa untuk mendapatkan informasi yang terkait dengan pembelajaran IPA di SD Panggang 1. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuatitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sampai mana gawai mempengaruhi pembelajaran IPA dan motivasi belajar siswa kelas 6 SD Panggang 1. Teknik analisis statistik yang digunakan adalah regresi linear sederhana dengan taraf signifikansi α = 5% (0,05). Berdasarkan hasil perhitungan uji regresi linear sederhana diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,740 dan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,004 atau 0,4%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan gawai memiliki pengaruh positif sebesar 0,4% terhadap pembelajaran ipa dan motivasi belajar di SD Panggang 1 Kabupaten Gunungkidul. Namun, pengaruh tersebut tidak signifikan.
Kata kunci: gawai, pembelajaran, motivasi, belajar
References
Mirna Intan Sari, Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MI Thoriqotussa’adah Pujon Kabupaten Malang, Skripsi. 2018
Syamsul Arifin, “Pengertian Gadgetâ€, dikutip dari
https://www.kompasiana.com/uyii/5630de93b37a611d0bbf3963/pengertian-
gadget diakses tanggal 25 Agustus 2018 pukul 20.00 WIB.
Pengaruh Gawai dan Proses Pembelajaran Terhadap Minat Membaca Siswa di MAN 1
Yogyakarta skripsi Hasan Mawali 2018
Pengaruh Gawai dan Proses Pembelajaran Terhadap Minat Membaca di MAN 1
Yogyakarta Vita Risandasari Uin Suka 2016
Maya Syulfharita Pertiwi, Theresia Pratiwi Elingsetyo Sanubari, Kukuh Pambuka
Putra. Gambaran Perilaku Penggunaan Gawai dan Kesehatan mata Pada Anak
Usia 10-12 Tahun. Jurnal Keperawatam Muhammadiyah 2018.
Asri Anggraeni Rahayu R, Anis Amalia, Sinta Nuri Handayani, Yeni Rostikawati.
Dampak Penggunaan Gawai Terhadap hasil Belajar Mahasiswa IKIP Siliwangi.
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 2018
Yohanes Adven Sarbani Philipus Suryo Subandoro. Memahami Motivasi Berprestasi dan
manfaat Penggunaan Gawai Bagi Generasi Digital Native. Jurnal Akademi
Sekretari Widya Mandala Surabaya. 2014
Nizar Rabbi Radliya1, Seni Apriliya2, Tria Ramdhaniyah Zakiyyah3.
Pengaruh Penggunaan gawai Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Ank
Usia Dini 2017. Jurnal Paud agapedia
Rudy Purwanto. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada kompetensi Sistem
Koordinasi Melalui Metode Pembelajaran Teaching Game Team terhadap siswa
kelas XI IPA SMA Smart Ekselensia Indonesia Tahun ajaran 2010-2011. Pendidikan
Dompet Dhuafa edisi 1/2011. Hlm. 3 yang mempengaruhi hasil belajar siswa
kompetensi dasar ayat: jurnal penyesuaian mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di
SMA Negeri 1 BAE kudus. Universitas Negeri Semarang. Desember 2012
(Semarang: 2012).
Dana Ratifi Suwardi. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa kompetensi
dasar ayat jurnal penyesuaian mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMA
Negerei 1 BAE Kudus. Universitas Negeri semarang. Desember 2012.
Rudy Purwanto. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Sistem
koordinasi Melalui Metode Pembelajaran Teaching Game Tame terhadap siswa
kelas XI IPA SMA Smart Ekselensia Indonesia Tahun Ajaran 2010-2011.
Pendidikan Dompet Dhuafa edisi 1/2011.
Ngalim Purwanto.Psikologi Pendidikan. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2000).