PENGARUH PENGGUNAAN GAWAI DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SD

Penulis

  • umi fatonah SDN BIBAL PANGGANG

Abstrak

Abstrak: Gawai berfungsi sebagai sarana informasi dan komunikasi tanpa batas. Hal ini dapat dimanfaatkan para siswa untuk mendapatkan informasi yang terkait dengan pembelajaran IPA di SD Panggang 1. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuatitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sampai mana gawai mempengaruhi pembelajaran IPA dan motivasi belajar siswa  kelas  6 SD Panggang 1. Teknik analisis statistik yang digunakan adalah regresi linear sederhana dengan taraf signifikansi α = 5% (0,05). Berdasarkan hasil perhitungan uji regresi linear sederhana diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,740 dan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,004 atau 0,4%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan gawai memiliki pengaruh positif sebesar 0,4% terhadap pembelajaran ipa dan motivasi belajar di SD Panggang 1 Kabupaten Gunungkidul. Namun, pengaruh tersebut tidak signifikan.

Kata kunci: gawai, pembelajaran, motivasi, belajar

Biografi Penulis

umi fatonah, SDN BIBAL PANGGANG

Dikpora GK, III/b

Referensi

Mirna Intan Sari, Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MI Thoriqotussa’adah Pujon Kabupaten Malang, Skripsi. 2018

Syamsul Arifin, “Pengertian Gadgetâ€, dikutip dari

https://www.kompasiana.com/uyii/5630de93b37a611d0bbf3963/pengertian-

gadget diakses tanggal 25 Agustus 2018 pukul 20.00 WIB.

Pengaruh Gawai dan Proses Pembelajaran Terhadap Minat Membaca Siswa di MAN 1

Yogyakarta skripsi Hasan Mawali 2018

Pengaruh Gawai dan Proses Pembelajaran Terhadap Minat Membaca di MAN 1

Yogyakarta Vita Risandasari Uin Suka 2016

Maya Syulfharita Pertiwi, Theresia Pratiwi Elingsetyo Sanubari, Kukuh Pambuka

Putra. Gambaran Perilaku Penggunaan Gawai dan Kesehatan mata Pada Anak

Usia 10-12 Tahun. Jurnal Keperawatam Muhammadiyah 2018.

Asri Anggraeni Rahayu R, Anis Amalia, Sinta Nuri Handayani, Yeni Rostikawati.

Dampak Penggunaan Gawai Terhadap hasil Belajar Mahasiswa IKIP Siliwangi.

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 2018

Yohanes Adven Sarbani Philipus Suryo Subandoro. Memahami Motivasi Berprestasi dan

manfaat Penggunaan Gawai Bagi Generasi Digital Native. Jurnal Akademi

Sekretari Widya Mandala Surabaya. 2014

Nizar Rabbi Radliya1, Seni Apriliya2, Tria Ramdhaniyah Zakiyyah3.

Pengaruh Penggunaan gawai Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Ank

Usia Dini 2017. Jurnal Paud agapedia

Rudy Purwanto. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada kompetensi Sistem

Koordinasi Melalui Metode Pembelajaran Teaching Game Team terhadap siswa

kelas XI IPA SMA Smart Ekselensia Indonesia Tahun ajaran 2010-2011. Pendidikan

Dompet Dhuafa edisi 1/2011. Hlm. 3 yang mempengaruhi hasil belajar siswa

kompetensi dasar ayat: jurnal penyesuaian mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di

SMA Negeri 1 BAE kudus. Universitas Negeri Semarang. Desember 2012

(Semarang: 2012).

Dana Ratifi Suwardi. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa kompetensi

dasar ayat jurnal penyesuaian mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS di SMA

Negerei 1 BAE Kudus. Universitas Negeri semarang. Desember 2012.

Rudy Purwanto. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Sistem

koordinasi Melalui Metode Pembelajaran Teaching Game Tame terhadap siswa

kelas XI IPA SMA Smart Ekselensia Indonesia Tahun Ajaran 2010-2011.

Pendidikan Dompet Dhuafa edisi 1/2011.

Ngalim Purwanto.Psikologi Pendidikan. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2000).

Diterbitkan

2020-03-18