Pengaruh Media Pembelajaran Seni Rupa Terapan Terhadap Peningkatan Kreativitas Siswa Kelas XII SMA Santo Mikael
Abstract
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan penggunaan media pembelajaran dan mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran seni rupa terapan terhadap peningkatan kretivitas siswa kelas XII SMA Santo Mikael. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development atau R & D). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi kelas, angket dan tes unjuk kerja. Sedangkan instrumen penelitiannya yaitu lembar kelayak media gambar dan lembar penilaian unjuk kerja. Tempat dan Waktu Penelitian ini dilaksanakan di SMA Santo Mikael, Warak, Sumberadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Sedangkan waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai Februari 2020. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XII dengan jumlah keseluruhan 52 (kelas XII IPS 27 Siswa dan kelas XII IPA 25 siswa). Penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh positif dari penggunaan media pembelajaran seni rupa terapan terhadap peningkatan kreativitas siswa kelas XII SMA Santo Mikael Sleman.
Kata kunci : Media pembelajaran, Seni rupa terapan, tingkat kreativitas
References
Arsyad, Azhar.2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Asep Jihad dan Abdul Haris.2008. Evaluasi Pembelajaran Yogjakarta: Multi Pressindo.
Daryanto dan Mulyo Raharjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.
Dimyati & Mujiono.2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Nana, S.S.2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Nawawi, Hadari.2012. Metode Penelitian Bidang Sosial. (Cetakan ke-13). Yogyakarta: Gajah Mada University Pers
Sugiyono.2013. Metode Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Bandung: Alfabeta.
Tri Hartiti dan Bambang Prihadi.2010. Modul Pembelajaran Seni Rupa. Yogyakarta: FBS UNY.
Yayah, Khisbiyah.2004. Pendidikan Apresiasi Seni. Surakarta: UMS