Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belas Siswa SMK
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah perbedaan prestasi belajar fisika siswa kelas X SMK. yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Problem based learning dan model pembelajaran Konvensional. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi experiment atau eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X terdiri dari 10 kelas sejumlah 320 siswa, sampel diambil dengan teknik random sampling, yaitu mengambil 2 kelas dari 10 kelas yang ada dengan cara diundi dan diperoleh kelas X TO-2 yang diajar menggunakan model Problem Based Learning dan kelas X TKJ-2 yang diajar menggunakan model Konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan teknik tes. Analisis data menggunakan uji-t. Hasil uji-t diperoleh thitung = 2,111 dengan p = 0,037. Karena p  0,05 , maka secara komparatif ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar fisika siswa kelas X SMK Negeri 1 Seyegan tahun pelajaran 2019/2020 antara yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan model pembelajaran Konvensional. Rerata prestasi belajar fisika model Problem Based Learning lebih tinggi dari model pembelajaran Konvensional, sehingga disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Prestasi Belajar
Â
Abstract: The purpose of this research is to know there are differences in the physics learning achievement of SMK grade X students. The learning model of Problem based learning and conventional learning models. This research is a type of research into quasi experiment or pseudo-experimentation. The population in this study of all grade X students consisted of 10 classes of 320 students, samples were taken with a random sampling technique, i.e. taking 2 classes of 10 classes in a way drawn and gained X TO-2 class which was taught using the Problem Based Learning model and X TKJ-2 class which was taught using conventional models. Data collection techniques using documentation techniques and test techniques. Data analysis Using Test-T. T-test result obtained Thitung = 2.111 with P = 0.037. Because P ≤ 0.05, then comparatively there is a significant difference in the physics study achievement of Grade X students SMK Negeri 1 Seyegan Year lesson 2019/2020 between being taught using the Problem Based Learning Learning Model and conventional learning model. The learning performance of a physics model of Problem Based Learning is higher than conventional learning model, so that there is an influence of the Problem Based Learning model Learning to the physics learning performance of grade X students.
Keywords: Problem based Learning Model, academic achievementReferences
Daftar Pustaka
Ardianti R. Sari. 2017. Hubungan antara Karakter Siswa, Kedisiplinan Siswa, dan Kelengkapan Sarana Preasarana Sekolah dengan Prestasi Belajar Fisiak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-COMPTON. Volume 4
Budiyono. 2004. Statistika untuk Penelitian. Surakarta:UNS Press.
Purwanto. 2010. Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi dan Pendidikan. Jogjakarta: Pustaka Belaja
Setyo Eko. Atmojo. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis masalah dalam Peningkatan Hasil Belajar Pengelolaan lingkungan. Jurnal Kependidikan. Volume 43, Nomor 2, Halaman 134-143. http://journal.uny.ac.id./index.php/jk
Suharsimi Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Suyono. 2007. Penerapan Pembelajaran Berdasar Masalah unutk Mengatasi Kesulitan Siswa dalam Mengerjakan Soal Bercirikan Ketrampilan Proses. Cakrawala Pendidikan, XXVI, No. 2
Vincensius A. Risdiyanto. 2012. Perbedaan Pendekatan Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Fisika Pokok Bahasan Pemantulan Cahaya Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Kanisius Bambanglipuro Bantul Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: UST
Wina Sanjaya. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kharisma Putra Utama
Yuni Nurun. Nafiah. 2014. Penerapan Model Problem Based Learning unutk Meningkat Ketrampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol 4, Nomor 1. http://journal.uny.ac.id