PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP KARAKTER SISWA

Penulis

  • Yonan Lamaki Mahasiswa Pascasarjana UST

Abstrak

Abstrak:  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan membuktikan pengaruh pembelajaran pendidian kewarganegaraan (PKn) terhadap pembentukan karakter siswa, Jenis penelitian ini adalah korelasional, sebagai sebuah penelitian korelasi untuk mengetahui pengaruh pembelajaran PKn terhadap pembentukan karakter siswa, Hasil yang dicapai: (1) sangat beralasan apabila pendidikan karakter dalam pembelajarannya diintegrasikan ke dalam semua mata pelajaran. Alasan itu karena pendidikan karakter mampu meningkatkan akhlak luhur siswa, sehingga penanaman karakter menjadi   tanggung jawab semua guru. Hal ini senada dengan tujuan   pendidikan yaitu membentuk sosok siswa secara utuh, sehingga pencapaian pendidikan harus mencakup dampak instruksional dan dampak pengiring; (2) implementasi pendidikan karakter terintegrasikan ke dalam semua mata pelajaran, pengembangannya lebih memadai pada model kurikulum terpadu dan pembelajaran terpadu dengan menentukan center core pada mata pelajaran yang akan dibelajarkan, seperti mata pelajaran PKn dan pendidikan agama; dan (3) proses pengembangan pendidikan karakter sebagai pembelajaran terpadu harus diproses seperti kuriklum lain, yaitu sebagai: 1) ide, dokumen, dan proses; 2) kejelian profesional dan penguasaan materi;  3) dukungan pendidikan luar sekolah,   arahan spontan dan penguatan segera;   4)   penilaian beragam; serta  5)  difusi, inovasi dan sosialisasi adalah komitmen-komitmen yang harus diterima dan disikapi dalam pencanangan pembelajaran terpadu pendidikan karakter itu sendiri.

   Kata kunci: Pembelajaran Pendidikan kewarganegaraan, Pembentukan Karakter.

 

Abstract : The purpose of this study is to find out and prove the effect of citizenship learning (PKn) on the formation of student character, the type of this study is correlational, as a correlation study to determine the effect of Civics learning on student character formation, the results achieved: (1) very reasonable if character education in learning is integrated into all subjects. That reason is because character education is able to increase the noble character of students, so that the cultivation of character is the responsibility of all teachers. This is in line with the goal of education, which is to form a whole student figure, so educational achievement must include instructional and accompaniment impacts; (2) the implementation of character education is integrated into all subjects, its development is more adequate in the integrated curriculum model and integrated learning by determining the center core of the subjects to be taught, such as Civics and religious education; and (3) the process of developing character education as integrated learning must be processed like other curricums, namely as: 1) ideas, documents, and processes; 2) professional foresight and mastery of the material; 3) out-of-school educational support, spontaneous direction and immediate reinforcement; 4) diverse assessments; and 5) diffusion, innovation and outreach are commitments that must be received and responded to in the launching of integrated learning of character education itself.

Keywords: Citizenship Education Learning, Character Building.

 

Referensi

Daftar Pustaka

Alberta, 2005. The Heart of the Matter: Character and Citizenship Education in Alberta schools. Alberta Education Learning and Teaching Resources Branch 8th Floor, 44

Capital Boulevard 10044 – 108 Street NW Edmonton, Alberta T5J 5E6.

Budimansyah, D. 2007. Pendidikan Demokrasi Sebagai Konteks Civic Education di Negara Berkembang, Bandung, Acta Civicus Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Vol.1 No. 1.

Chao-Sun, C. dan Ro-Yu, L. 2007. Character Education and Character-trait Development:An Enrichment for College Students. Paper presented at the 2007 seminar of Kao Yuan University for General Education May 25, 2007 at Kao Yuan

University Kaohsiung County, ROC.

Cholisin, 2011. Peran Guru PKn Dalam Pendidikan Karakter, Makalah Disampaikan pada

Kuliah Umum Jurusan PPKn FKIP UAD Yogyakarta, 5 Februari.

Draf Panduan Guru Mata pelajaran PKn: Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama, 2010, Kementerian Pendidikan Nasional.

Free Forum, 2012, Character Education, dalam <http://www.freedomforum.org/

publications/first/findingcommonground/B13.CharacterEd.pdf>, diakses tanggal 18

Februari 2012.

Frye, M., dkk. 2002. Character Education Informational Handbook and Guide, Public Schools of North Carolina State Board of Education Department of Public Instruction Division of Instructional Services Character Education.

Gulo, W. 2002. Metodologi Penelitian, Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Hunter, S. & Birisbin Jr. 2001. Deptartemen of Political Science West Virginia University, “Civic and Political Education in Political Science A Survey of Practicesâ€, Prepared for presentation at the Annual Meeting of APSA, Boston, Ma

Potter, J. “The Challenge of Education for Active Citizenshipâ€, Education + Training,

Volume 44- Number 2 -2002.

Ramly, dkk. 2011. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter, Kementerian Pendidikan

Nasional, Badan Penelitian dan Pengembangan Puskurbuk.

Sapriya, 2012. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), Direktorat Jenderal

Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.

Sudrajat, A. 2010, Tentang Pendidikan Karakter, dalam diakses tanggal 18 Februari

Suyanto, 2010, Urgensi Pendidikan Karakter, dalam diakses tanggal 18 Februari 2012.

Sutrisno Hadi, 2006, Statistik, Yogyakarta: Andi Offset.

Tim Pendidikan Karakter, 2010. Pendidikan Karakter di SMP, Kementerian Pendidikan

Nasional.

Winataputra, 2007. Civic Education: Konteks, Landasan, Bahan Ajar dan Kultur Kelas, Bandung Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, UPI.

UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistim Pendidikan Nasional

Diterbitkan

2020-03-18