Pemanfaatan Media Power Point Dan Video Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 8 Smp 2 Pajangan

Penulis

  • wardiyanto wardiyanto smp2pajangan

Abstrak

Abstrak: Media pembelajaran memiliki peranan penting dalam menentukan keberhasilan proses belajar mengajar. Materi pelajaran akan lebih konkrit dan mudah dipahami apabila disampaikan oleh guru dengan media yang menarik seperti power point dan video. Melalui media tersebut perhatian siswa terhadap materi pelajaran yang disampaikan guru akan meningkat sehingga kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh media power point dan video terhadap efektivitas pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 8 F SMP 2 Pajangan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang  dilaksanakan dalam dua siklus.Masing-masing siklus terdiri atas empat tahap yaitu  perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan  refleksi.  Penelitian dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum menggunakan media power point dan video  nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu 65, ketercapaian kelas 61%. Setelah menggunakan media power point dan video pada siklusI rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 80, tingkat ketercapaian kelas 77%. Pada siklus II dengan menggunakan media power point dan video nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat lagi menjadi 85 dengan tingkat ketercapaian kelas 85% Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan power point dan video sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan efektifitas  pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas 8 F SMP 2 Pajangan.

Kata kunci :  media, power point, video , efektivitas pembelajaran.

 

Abstract: Learning media has an important role in determining the success of the teaching and learning process. The subject matter will be more concrete and easily understood  if it is delivered by the teacher using, video animations or in the form of power points. Through these kinds of media students' attention to the subject matter conveyed by the teacher will increase so that learning activities become more effective.

The purpose of this study is to determine how the effect of power point media and video on the effectiveness of Indonesian language learning of class 8 F of SMP 2 Pajangan.

This research is a Class Action Research conducted in two cycles. Each cycle consists of four stages, namely planning, implementation, observation, and reflection.

The study was conducted in the even semester of the 2019/2020 school year with 32 students. Data collection techniques are carried out by observation, interviews, tests and documentation.

The result of the average mark of student learning outcome before using power point media and video was 65, the grade of  achievement level was 61%. After using the power point media and video in the next phase, the average mark of the student learning outcome increased to 80, the grade of achievement level was 77%.  In the second cycle, by using power point media and video, the average mark of student learning outcome increased again to 85 with the grade of  achievement level was 85% .

The results of the study showed that the use of power point and video as a learning medium can increase the effectiveness of Indonesian language learning in Grade 8 students of SMP  2 Pajangan.

Keywords: media, power point, video, learning effectiveness.

Diterbitkan

2020-03-19