Memerdekakan Siswa Menggunakan Media Sosial Facebook untuk Meningkatkan Motivasi Menulis

Authors

  • Endah Kurniati Triasmara Program Pascasarjana Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Heni Purwaningsih Program Pascasarjana Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Hanandyo Dardjito

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi menulis siswa menggunakan perkembangan teknologi melalui media social facebook. Target penelitian ini adalah SMP Pembangunan Piyungan Yogyakarta dengan peserta sejumlah 20 siswa. Masalah yang muncul adalah kurangnya motivasi menulis siswa dalam proses pembelajaran, dimana siswa menulis manual menggunakan buku dan alat tulis. Hal ini menjadi latar belakang penggunaan media sosial untuk meningkatkan motivasi siswa khususnya dalam menulis teks recount. Pengambilan data dilakukan secara online melalui akun fanspage dalam facebook. Selanjutnya untuk mengetahui pengaruh facebook dalam memeotivasi siswa, data diambil melalui kuesioner. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa; a) penggunaan media sosial khususnya facebook dapat menjadi penunjang aktivitas belajar dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja sehingga mampu meningkatkan kreativitas menulis siswa; b) dengan menggunakan facebook sebagai media pembelajaran, motivasi menulis siswa mengalami peningkatan terutama dalam jenis teks recount. Di sisi lain, facebook juga dapat mengatasi permasalahan ruang dan waktu yang terbatas didalam kelas. Facebook sebagai penunjang dalam pembelajaran akan memberikan dampak yang positif apabila diberikan batasan batasan yang jelas dalam berinteraksi, karena dapat memotivasi siswa dalam menulis.
Kata Kunci : Facebook, motivasi, menulis

Author Biography

Endah Kurniati Triasmara, Program Pascasarjana Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Guru Bahasa Inggris

Published

2020-03-19

Citation Check