Penerapan Model pembelajaran Debat dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris

Authors

  • Sri Subekti SMK Negeri I Karanganyar, Indonesia

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode yang efektif yang dapat diterapkan dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Inggris di kelas. Hal ini dikarenakan adanya permasalahan yang dihadapi sebagian besar peserta didik diantaranya yaitu: Kemampuan berbicara bahasa Inggris peserta didik masih belum memuaskan dan dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Inggris, peserta didik belum berpartisipasi secara aktif. Dari permasalahan tersebut guru perlu memilih metode pembelajaran yang efektif agar pembelajaran keterampilan berbicara Bahasa Inggris di kelas lebih menarik. Salah satu metode pembelajaran yang diharapkan dapat mendorong siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran keterampilan berbicara Bahasa Inggris adalah dengan menggunakan model pembelajaran debat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa melalui model pembelajaran debat dalam pembelajaran keterampilan berbicara, motivasi siswa dalam berbicara bahasa Inggris meningkat sehingga siswa menjadi lebih aktif dalam berbicara menggunakan bahasa Inggris. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan dan kemampuan berbicara siswa menggunakan bahasa Inggris pada saat latihan dan pelaksanaan debat.   

 

Kata kunci: keterampilan berbicara, motivasi, model pembelajaran debat.

 

 

Abstract: The purpose of this research is to know the effective methode that can be applied in learning English speaking skill in the classroom. This is due to the problems faced by most students including: Students speaking ability are still not satisfying and in learning English speaking skill, students have not participated actively. From these problems teachers need to choose effective learning method so that learning English speaking skill in the classroom is more interesting. One of the learning methode that is effective to encourage students to be active in learning English speaking skill is to use debate learning model. This research used qualitative methode. Data collection techniques are done through observation and interview. The result of this study indicates that through the debate learning model in learning speaking English skill students become more active in speaking using English. It can be seen from the activeness and students speaking ability using English during practice and debating.

Keywords: speaking skill, motivation, debate learning model

 

References

Daftar Pustaka

Ranem, (2018) Pengembangan bahan ajar materi debat dengan metode role playing pada siswa kelas X sekolah menengah atas, Jurnal diglosia volume 1, Nomer 2 Agustus 2018.

Naiborhu, R. (2019). Upaya meningkatkan keterampilan berbicara. Jurnal global edukasi, Volume 3 Nomer 1 halaman 7-12.

Becker, F. G. (2015). Peningkatan keterampilan berbicara menggunakan metode bercerita pada siswa kelas VII SMP Negeri Semitau

Irfan, N., Studi, P., Matematika, P., & Purworejo, U. M. (n.d.). Hubungan motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar matematika. 48–53.

Luh R, I Wayan, dan Dewi A.W.M.P, 2017 Pengaruh model pembelajaran debat terhadap keterampilan berbicara pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD Volume: 5 Nomer:2 Tahun : 2017

Kd. Ayu. B. R, Ni Wyn.Arini, I Nyn. Arini Penerapan metode bermain peran untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III Sd No 4 Penarukan. E-Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 4 No: 1 Tahun 2016

Pt. Luna, I Kt. Dibia, dan GD. Sedanayasa, 2016 Pengaruh model pembelajaran (ARIAS) Assurance Interest Assesment Satisfaction terhadap keterampilan berbicara pada siswa SD di desa sari Mekar. Jurnal pendidikan anak usia dini vol 4 No 1 tahun 2016

Dameria.L. 2019 Peningkatan motivasi berbicara siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia dengan metode demonstrasi. Jurnal global edukasi volume3 Nomer1 Ags 2019, halaman 39-42

Bestari, L, Kaminudin, T, dan Sesilianus, S. 2018 Kontribusi motivasi dan minat belajat terhadap kemampuan berbicara Bahasa Inggris mahasiswa program studi bimbingan konseling STKIP Nias Selatan. Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan vol.6 No.1 Okt 2018

Indah.S, 2018 Motivasi belajar mahasiswa program studi manajemen dalam penguasaan keterampilan berbicara (speaking) Bahasa Inggris. Jurnal manajemen tools Vol. 9 No.1 Juni 2018

Published

2020-03-19

Citation Check