PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA PADA PESERTA DIDIK KELAS I

Penulis

  • Supartilah Supartilah

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan dengan media kartu kata pada peserta didik kelas I SD Negeri Adisucipto. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaborasi yang dilakukan sebanyak dua siklus. Desain penelitian menggunakan model Kemmis Mc. Teggart dengan subjek penelitian peserta didik kelas 1 yang berjumlah 21 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan 1) tes membaca lisan dan tes tertulis memahami bacaan, 2) observasi, dan 3) dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif yaitu dengan mencari rerata. Indikator keberhasilan peserta didik yang harus dicapai dengan rerata kelas 70 dan ketuntasannya 80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran membaca permulaan dengan menggunakan media kartu kata dapat meningkatkan keterampilan membaca peserta didik kelas 1 SD Negeri Adisucipto. Keterampilan membaca pada pratindakan sebesar 65,9 dan ketuntasanya 52,4%, pada siklus I meningkat menjadi 68,1 dengan ketuntasan 57,1%, peningkatan pada siklus II 74,6 dengan ketuntasan 90,5%. Pada tindakan ini keterampilan membaca peserta didik dengan lafal, intonasi dan membaca memahami meningkat hingga mencapai kriteria ketuntasan yang ditetapkan yaitu dengan rata-rata kelas 70.

Diterbitkan

2020-03-19