Merdeka Belajar: Optimalisasi IT dalam Pembelajaran Ketrampilan Berbicara Bahasa Inggris melalui Video Simulasi Teks Prosedur
Abstract
Abstrak: Berpijak pada fungsi pembelajaran bahasa Inggris di SMK kurikulum 2013 mencakup: (1) mengembangkan kemampuan berkomunikasi secara akurat dan berterima dalam bentuk lisan maupun tulisan, (2) menumbuhkan kesadaran dan hakikat pentingnya bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa asing, dan (3) mengembangkan pemahaman keterkaitan antara bahasa dan budaya serta memperluas cakrawala budaya, pembelajaran ketrampilan berbicara sebagai salah satu komponen pembelajaran bahasa Inggris mengalami berbagai kendala yang disebabkan oleh  keterbatasan siswa dalam hal kosakata, tata bahasa Inggris, pelafalan, penekanan kata, dan ketersambungan wacana dalam fungsi berbahasa baik interpersonal, transaksional, dan sosial. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menggali penggunaan video simulasi pada wacana teks prosedur siswa SMK N 1 Kebumen. Dalam penelitian ini,  konsep merdeka belajar menggunakan sarana berbasis teknologi informasi untuk mewujudkan pembelajaran yang aktif, kolaboratif, dan kreatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan teknik analisa data yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian: (1) terdapat  manfaat, proses, dan produksi video simulasi berisi teks prosedur, (2) terdapat peningkatan ketrampilan berbicara melalui video simulasi berisi teks prosedur dan perspektif yang positif dari guru dan siswa. Masalah yang muncul: (1) diperlukan waktu dan proses pembuatan video yang panjang, (2) dominasi siswa yang superaktif (3) terdapat pengaruh bahasa ibu terhadap bahasa Inggris. Solusi (1) masukan ketrampilan berbahasa secara berkelanjutan, (2) meningkatkan kerja kolaborasi antara guru dan siswa berupa koreksi berpasangan (3) memanfaatkan informasi pengetahuan berbahasa dari sumber lain seperti halnya internet, dan (4) mendekatkan fungsi bahasa secara kontekstual dalam teks prosedur.
Â
Kata kunci: merdeka belajar, kualitatif, simulasi video, teks prosedur