Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Realia untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui efektif tidaknya pembelajaran dengan menggunakan media realia terhadap motivasi belajar, (2)  mengetahui peningkatan motivasi siswa saat pembelajaran berlangsung ,dan (3) mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan media realia dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan analisis statistik dengan bantuan microsoft excel. Populasi yang menjadi wilayah generalisasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 2 Pajangan Bantul tahun ajaran 2019 /2020 dengan sampel kelas IX A yang berjumlah 32 siswa.Pengambilan sampel dengan tehnik simple random sampling.Pengambilan data dilakukan dengan metode test, observasi dan angket.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran dengan menggunakan media realia lebih efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.(2)  saat pelajaran berlangsung aktifitas siswa meningkat (3)  siswa kelas IX A SMP Negeri 2 Pajangan memberikan tanggapan yang positif terhadap pembelajaran dengan menggunakan media realia. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan media realia dapat meningkatkan motivasi belajar IPA di SMP Negeri 2 Pajangan Bantul tahun ajaran 2019/ 2020.