MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Penulis

  • isidorus yunus mali mahasiswa pascasarjana universitas sarjanawiyata tamansiswa

Abstrak

MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Isidorus yunus mali)2019081029

yanesmali07@gmail.com

Abstrak Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT Terhadap Hasil belajar Fisika siswa. secara deskriptif untuk mengetahui kecendrungan hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif  tipe NHT. Untuk mengetahui kecendrungan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Secara komparatif Untuk mengetahui hasil belajar siswa antara yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini bermaksud ingin melihat efek perlakuan yang diberikan terhadap sampel. Perlakuan yang dimaksud adalah penggunaan pembelajaran kelompok untuk kelas eksperimen dan penggunaan metode konvensional pada kelas kontrol. penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif karena data berbentuk angka. teknik dokumentasi dipergunakan untuk mengumpulkan data kemampuan awal yang berupa nilai akhir semester ganjil. Untuk memperoleh data hasil belajar fisika siswa dilakukan dengan cara mengadakan posttest yang dilaksanakan pada akhir pembelajaran. maka dengan melihat skor rerata, bahwa skor rerata hasil belajar menggunakan Numbered Heads together (NHT)  adalah ( = 20,391) lebih tinggi dari skor rerata hasil belajar siswa dengan menggunakan metode konvensional  ( = 16,391),  maka dapat disimpulkan  bahwa ada pengaruh penggunaan Metode Numbered Heads Together (NHT) pada hasil belajar siswa.

Kata kunci: model pembelajaran, NHT, hasil belajar

Diterbitkan

2020-03-19