Implementasi Merdeka Belajar Menggunakan Media Edmodo dalam Menulis Teks Deskriptif

Penulis

  • Kunti Robiyatun
  • Musfira Musfira Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Abstrak

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang implementasi merdeka belajar dalam pembelajaran menulis teks deskriptif melalui pengunaan edmodo. Dalam penelitian ini konsep merdeka belajar digunakan oleh guru dalam menyajikan dan menyampaikan materi pembelajaran melalui Edmodo, khususnya dalam menulis teks deskriptif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Observasi digunakan untuk memperoleh gambaran tentang proses implementasi merdeka belajar dalam pembelajaran menulis teks deskriptif melalui edmodo di kelas X SMK Ma’arif 6 Ayah Kebumen. Hasil penelitian guru memberikan pengarahan kepada siswa tentang edmodo, apa manfaatnya serta bagaimana cara kerjanya, setelah siswa dirasa sudah paham dan mengerti selanjutnya guru bersama dengan siswa join di grup yang sudah dibuat oleh guru. Grup digunakan guru dan siswa sebagai sarana penyampaian materi, tempat pengumpulan tugas maupun sarana untuk melakukan diskusi. Selain itu dengan menggunakan edmodo diharapkan siswa merasa bebas untuk mengungkapkan ekspresi mereka dalam menulis. Selama proses pembelajaran, terdapat peningkatan hasil menulis teks deskriptif dengan mengimplementasikan konsep merdeka belajar melalui edmodo, Siswa memiliki kesempatan untuk mengungkapkan ekspresi mereka melalui tulisan  dan berdiskusi dengan guru kapanpun dan dimanapun sehingga siswa memiliki kesempatan yang luas untuk melatih kemampuan menulis mereka. Namun, di sisi lain guru mengalami kendala dalam memberikan feedback satu persatu kepada siswa. Diperlukan jadwal dan waktu pengiriman tulisan, pembatasan topic dan jumlah paragraf sehingga guru lebih mudah mengontrolnya.

 

Kata kunci: merdeka belajar, edmodo, deskriptif teks

Diterbitkan

2020-03-19