Inovasi Sekolah Berbasis TIK Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan SMP Negeri 1 Semanu Kabupaten Gunungkidul

Penulis

  • bambang suharnanta susila

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini membahas tentang inovasi sekolah dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komputer yang dilakukan oleh SMP N 1 Semanu, Kabupaten Gunungkidul dalam rangka peningkatan mutu pendidikan.  Fokus permasalahan  yang diangkat dalam penelitian ini adalah tentang bentuk inovasi sekolah berbasis teknologi informasi dan hambatan maupun dukungan dalam pelaksanaan inovasi sekolah berbasis Teknologi Informasi dan computer di SMP N 1 Semanu, Kabupaten Gunungkidul. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa bentuk inovasi sekolah berbasis teknologi informasi dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah tersebut antara lain; (1) Penyediaan sarana pendidikan berbasis TI; (2) Pengembangan kemampuan staf pengajar di Bidang TIK; (3) Kerjasama dengan pihak swasta ( bank BCA ) dalam penyediaan sarana pendidikan berbasis TIK; (4) Mengikutsertakan guru dan siswa-siswi dalam lomba di bidang TIK. Terdapat beberapa faktor pendukung yang mempengaruhi antara lain; (1) Dukungan yang besar Dukungan yang besar dari Kepala Sekolah SMP N 1 Semanu, Kab. Gunungkidul; (2) Ketersediaan jaringan 2 cannal Hot Spot Wi-Fi; (3) Kerjasama yang Baik dengan pihak swasta ( Bank BCA). Selain itu juga terdapat beberapa factor penghambat yang memberikan dampak negatif dan menghambat antara lain; (1) Kemampuan staf pengajar yang tidak merata terkait penggunaan sarana Teknologi Informasi; (2) Kemungkinan terjadi kerusakan atau gangguan pada peralatan penunjang yang tidak dapat dihindari.

Kata kunci: inovasi, mutu pendidikan, teknologi informasi, SMP N 1 Semanu

                          

Abstract: This study discusses school innovations by utilizing information technology and computer conducted by SMP N 1 Semanu, Gunungkidul Regency in the context of improving the quality of education.  The focus of the issues raised in this research is about the form of information technology-based school innovation and obstacles as well as support in the implementation of information technology-based school innovation in SMP N 1 Semanu, Gunungkidul Regency.  The results of the study indicate that there are several forms of information technology-based school innovation in improving the quality of education in these schools, including;  (1) Provision of ITC-based educational facilities;  (2) Developing the ability of teaching staff in the IT field;  (3) Cooperation with private parties (BCA banks) in the provision of ITC-based educational facilities;  (4) Involving teacher and students in competitions in the ITC field.  There are several supporting factors that influence, among others;  (1) Great support Great support from the Principal of SMP N 1 Semanu, Kab.  Gunungkidul;  (2) Availability of 2 cannal Hot Spot Wi-Fi networks;  (3) Good Cooperation with private parties (Bank BCA).  In addition there are also several inhibiting factors that have negative and inhibiting effects, including;  (1) Unequal ability of teaching staff related to the use of Information Technology facilities;  (2) The possibility of damage or interference to supporting equipment that can not be avoided.

Keywords: innovation, quality of education, information technology, SMP N 1 Semanu.

Referensi

Widodo, S.A. 2013. Analisis kesalahan dalam pemecahan masalah divergensi tipe membuktikan pada mahasiswa matematika. Jurnal pendidikan dan pengajaran (JPP), Volume 46 Nomor 2, halaman 106 – 113.

Antara-News. 2014. Pendidikan Indonesia dalam Kondisi Gawat Darurat. [Internet] Diakses: melalui<http://www.antaranews.com/berita/467070/ mendikbud--pendidikan-indonesia-dalam-kondisigawat- darurat> [Diakses pada tanggal 28 Februari 2015]

Djojonegoro, W. 1998. Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: PT. Jayakarta Agung Officit.

Helmi, Avin F & Hadi Sutarmanto. 2004. Kewirausahaan dan Inovasi. Yogyakarta, Fakultas Psikologi UGM.

Herdiansyah, Haris. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta, Salemba Humanika.

Kustandi, C., & Sutjipto, B. 2011. Media Pembelajaran manual dan digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Malang-Post. 2014. Siswa Baru SMK PGRI 3 Dapat Tablet PC gratis. [internet] Diakses melalui <http://malang-post.com/pendidikan/> [Diakses pada tanggal 11 Januari 2015]

Oetomo, Budi Sutedjo Dharma. 2002. E-Education (Konsep, Teknologi dan Aplikasi Internet Pendidikan. Andi: Yogyakarta.

Riwayadi, Purwo. 2013. Pemanfaatan Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Kemajuan Pendidikan Di Indonesia. PLS-UM. [internet] Diakses melalui [Diakses pada tanggal 28 Februari 2014]

Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriadi, Dedi. 2003. Pengajar di Indonesia: Pendidikan, Pelatihan, dan Perjuangannya. Jakarta, PT. Geranusa Jaya.

Suwarno, Yogi. 2008. Inovasi di Sektor Publik. Jakarta, STIA-LAN Press.

Tilaar, H.A.R. 2002. Pendidikan Untuk Masyarakat Indonesia Baru. Jakarta, Gramedia Widiasarana Indonesia. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Usman, Husaini. 2008. Manajemen Teori & Riset Pendidikan. Jakarta, Bumi Aksara.

Diterbitkan

2020-03-19