MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS IV DI SD KANIGORO

Penulis

  • Maryati Maryati SD Kanigoro / UST

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan percaya diri siswa kelas IV menggunakan model pembelajaran  Numbered Heads Together (NHT) di SD Kanigoro tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 20 siswa.  Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan MC Taggart yang berlangsung dalam dua siklus. Data dikumpulkan dengan observasi, angket, dan wawancara. Teknik analisis data dengan menggunakan deskripsi kualitatif dan deskripsi kuantitatif. Keberhasilan penelitian ini adalah rata-rata percaya diri siswa kelas IV minimal mencapai persentase sebesar 75% yang termasuk pada kategori sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa percaya diri siswa kelas IV SD Kanigoro dapat ditingkatkan melalui model numbered heads together. Peningkatan percaya diri dapat dilihat dari hasil observasi dan angket. Hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan sebesar 23,81% dari siklus I sebesar 56,68% meningkat di siklus II menjadi 80,49%. Sedangkan hasil angket menunjukkan adanya peningkatan sebesar 11,1% dari siklus I sebesar 71,55% meningkat di siklus II menjadi 82,65%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model numbered heads together pada kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan percaya diri siswa kelas IV di SD Kanigoro.

Referensi

Aristiani, Rina. (2016). Meningkatkan percaya diri siswa melalui layanan informasi berbantuan audiovisual. Jurnal Konseling GUSJIGANG Vol 2. No. 2.

Asiyah., Walid, A., & Kusumah, R. G. T. (2019). Pengaruh rasa percaya diri terhadap motivasi berprestasi pada mata pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol 9 No 3, September 2019.

Fitri, E. Zola, N. & Ifdil. (2018). Profil kepercayaan diri remaja serta faktor-faktor yang mempengaruhi. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia Volume 4 Nomor 1, hal 2.

Hakim, T. 2005. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta : Puspa Swara.

Hidayah, N. (2015). Pembelajaran tematik integrative di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Volume 2 Nomor 1 Juni 2015.

Kurniasih, I. & Sani, B. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta : Kata Pena.

Lidenfield, G. 1997. Mendidik Anak Agar Percaya Diri. Jakarta : Arcan.

Mulyana, M. A., Hanifah, N., & Jayadinata, A. K. (2016). Penerapan model kooperatif tipe numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kenampakan alam dan sosial budaya. Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1.

Sadeghi, B., Hassani, M.T., Mohammadlo, M.B. (2015). The comparative effect of teacher- and peer- assessment on EFL learners’ self-confidence. Journal of Language Teaching and Research, 1001.

Sarastika, P. 2014. Buku Pintar Tampil Percaya Diri. Yogyakarta : Araska.

Sari, N. A., Akbar, S., Yuniastuti. (2018). Penerapan pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Vol. 3 Nomor 12.

Yenni, R. F. (2016). Penggunaan metode numbered heads together (NHT) dalam pembelajaran matematika. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika.

Yoni, A. 2010. Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Familia.

Diterbitkan

2020-03-19