Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Membilang Dengan Media Benda Nyata Kelompok A TK Pertiwi Banyubiru, Dukun
Abstract
Abstrak
Â
Penelitian tindakan kelas ini dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman konsep membilang pada kelompok A yang berjumlah 15 anak di TK Pertiwi Banyubiru tahun ajaran 2019/2020. Mengunakan media benda nyata dengan harapan anak akan lebih tertarik. Penelitian ini dimulai tanggal 4 Nopember 2019 sampai tanggal 15 Nopember 2019 dengan mengambil tema tanaman dan menggunakan 2 siklus. Masing – masing siklus terdiri dari 5 pertemuan. Diawali dengan penyusunan rencana yang berbentuk RPPH, pelaksanaan tindakan atau pembelajaran yang dianalisis secara deskriptif, kemudian untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan itu tercapai, diadakan evalusi pada saat pembelajaran itu berlangsung dan pada akhir kegiatan pembelajaran. Data yang diperoleh dari tindakan pembelajaran tersebut dikumpulkan melalui observasi, untuk mengetahui kekurangan dari tindakan itu diakhiri dengan refleksi sekaligus sebagai rujukan peneliti untuk memperbaiki tindakan selanjutnya. Penelitian ini menggunakan media nyata yang ada di sekitar lingkungan anak seperti buah – buahan dan tanaman. Pada siklus pertama tingkat pemahaman baru 20 % sehingga dilanjutkan siklus berikutnya. Setelah melalui 2 siklus terjadi peningkatan dan keberhasilan mencapai 86,6 %.
Kata Kunci : konsep membilang, media, benda nyata
Â
This class action research is intended to improve understanding of the concept of a group in A group of 15 children in Pertiwi Banyubiru Kindergarten in 2019/2020. Using real objects media in the hope that children will be more interested. The research began on November 4,2019 until November 15,2019 by taking the name of plants and using 2 cycles. Each cycle consists of 5 meetings. Begins with the preparation of plans in the form of RPPH, the implementation of actions or learning that is analyzed descriptively,than to find out to what extent success was achieved, an evaluation was conducted at the time the learning took place and at the end of the learning activity. The data obtained from the action of learning is collected through observation, to find out the shortcomings of the action ended with reflection as well as a reference for researchers to improve further action. This study uses real media that are around the environment of children such as fruits and plants. In the first cycle the new level of understanding is 20% so that the next cycle is continued. After going through 2 cycles there was an increase with succes reaching 86,6%.
Keywords : count concepts, media, real objects