Implementasi Merdeka Belajar Menggunakan Media Edmodo dalam Menulis Teks Deskriptif
Abstract
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang implementasi merdeka belajar dalam pembelajaran menulis teks deskriptif melalui pengunaan edmodo. Dalam penelitian ini konsep merdeka belajar digunakan oleh guru dalam menyajikan dan menyampaikan materi pembelajaran melalui Edmodo, khususnya dalam menulis teks deskriptif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Observasi digunakan untuk memperoleh gambaran tentang proses implementasi merdeka belajar dalam pembelajaran menulis teks deskriptif melalui edmodo di kelas X SMK Ma’arif 6 Ayah Kebumen. Hasil penelitian guru memberikan pengarahan kepada siswa tentang edmodo, apa manfaatnya serta bagaimana cara kerjanya, setelah siswa dirasa sudah paham dan mengerti selanjutnya guru bersama dengan siswa join di grup yang sudah dibuat oleh guru. Grup digunakan guru dan siswa sebagai sarana penyampaian materi, tempat pengumpulan tugas maupun sarana untuk melakukan diskusi. Selain itu dengan menggunakan edmodo diharapkan siswa merasa bebas untuk mengungkapkan ekspresi mereka dalam menulis. Selama proses pembelajaran, terdapat peningkatan hasil menulis teks deskriptif dengan mengimplementasikan konsep merdeka belajar melalui edmodo, Siswa memiliki kesempatan untuk mengungkapkan ekspresi mereka melalui tulisan dan berdiskusi dengan guru kapanpun dan dimanapun sehingga siswa memiliki kesempatan yang luas untuk melatih kemampuan menulis mereka. Namun, di sisi lain guru mengalami kendala dalam memberikan feedback satu persatu kepada siswa. Diperlukan jadwal dan waktu pengiriman tulisan, pembatasan topic dan jumlah paragraf sehingga guru lebih mudah mengontrolnya.
Kata kunci: merdeka belajar, edmodo, deskriptif teks
Abstract:
This study aims to describe the implementation of independent learning in writing descriptive texts through the use of Edmodo. In this study the concept of independent learning is used by teachers in presenting and delivering learning material through edmodo, especially in writing descriptive texts. This study uses a qualitative approach to data collection techniques, namely observation, interview, and document anlisis. Observation is used to obtain an overview of the application of edmodo media by observing directly the course of the English learning process. The process of implementing independent learning in learning to write descriptive texts through edmodo in grade X SMK Ma'arif 6 Ayah Kebumen. The results of the study, the teacher gives instructions to students about edmodo, what are the benefits and how it works, after the students feel they have understood and understand the teacher together with students join in groups that have been created by the teacher. Groups are used by teachers and students as a means of delivering material, a place for collecting tasks and a means for conducting discussions. In addition, using edmodo is expected to be free to express their facts in writing. During the learning process, there was an increase in the results of writing descriptive texts by implementing the concept of independent learning through edmodo. Where students can easily write and discuss with the teacher whenever and wherever. However, on the other hand teachers experience obstacles in giving feedback one by one to students. It is necessary to schedule and the time of writing, limiting the topic and the number of paragraphs so that the teacher is easier to control.
Keywords: free learning, edmodo, descriptive text