Manajemen Waktu Membuat Busana Industri Pada Siswa SMK Tata Busana

Penulis

  • Khujaemah Khujaemah SMK N 1 DLINGO

Abstrak

Penelitian mengenai manajemen waktu membuat busana industri pada siswa SMK tata busana. Penelitian ini menggunakan kualitatif, manajemen waktu berperan penting dalam kegiatan belajar siswa, dengan adanya manajemen waktu siswa mampu untuk menetapkan tujuan belajar, menetapkan prioritas, dan mampu mengelola waktu belajar, sehingga tercipta proses belajar yang efisien. Kendala belajar siswa yang mempengaruhi prestasi belajar berdasarkan observasi lapangan yang penulis lakukan, ada siswi yang terlambat, bukannya tanpa alasan, hal ini dikarenakan siswa juga mempunyai kegiatan yang harus mereka lakukan dirumah masing-masing. Pengamatan peneliti menunjukkan bahwa siswa-siswi dalam praktek membuat busana industri memiliki manajemen waktu berbeda-beda dalam mengerjakan tugas. Perbedaan manajeman waktu yang diterapkan siswa untuk dapat memahami pembelajaran praktek membuat busana industri dalam mapel ini yang dipraktekkan salah satunya adalah kemeja yang telah diberikan oleh guru disekolah  berbeda-beda, semakin tinggi tingkat kedisiplinan siswa dalam menerapkan manajemen waktu maka siswa dapat mengerjakan tugas praktek membuat kemeja dengan maksimal sehingga nilai praktek membuat kemeja juga semakin tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa manajemen waktu dapat menjadi faktor yang menentukan keberhasilan pendidikan

Referensi

Al Magety, Abu Nayla. 2010. Tips Terpenting Manajemen Waktu. Cara Cepat dan Mudah Meraih Kesuksesan dan Kekayaan. Moncer Publisher. Yogyakarta.

Antonius, (2014). Time Management : Menggunakan Waktu Secara Efektif dan Efisien. Jurnal Humaniora. V ol 5. No 2.

Iskandar, Uray. 2016. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Diakses dari http://urayiskandar.com/2016/08//analisis-data-penelitian-kualitatif.gtml pada 18 Agustus 2018.

Manullang, M., Dasar-Dasar Manajemen, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, Cet. ke-23, 2015.

McMillan, J. H., & Schumacher, S. (2001). Research in education: A conceptual introduction, (5th ed.). New York: Longman.

Moleong, Lexy J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke-36, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Moleong, Lexy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Muhibbin Syah. 2010. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rusyanti, Yuni .2005. Modul Pecah Pola Busana Pria. Yogyakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Diterbitkan

2020-03-20