UPAYA MENINGKATKAN KECEPATAN LARI MELALUI METODE BERMAIN PADA SISWA KELAS VA DI SD 1 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Penulis

  • Anang Rakhmat Widayanta SD 1 Bantul

Abstrak

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kecepatan lari melalui pendekatan bermain pada siswa kelas VA di SD 1 Bantul Kecamatan Bantul Kabupaten Bantul.

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini  adalah siswa kelas VA SD 1 Bantul Kecamatan Bantul Kabupaten Bantul dengan jumlah siswa sebanyak 30 anak yang terdiri dari 13 siswa putri dan 17 siswa putra. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan lembar pengamatan dan angket, dilakukan oleh peneliti dan kolaborator.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan bermain dapat meningkatkan pembelajaran lari untuk kelas VA SD 1 Bantul Kecamatan Bantul  Kabupaten Bantul. Berdasarkan hasil angket, terlihat aktivitas, sikap, dan rasa senang dapat dikategorikan baik. Sedangkan hasil evaluasi siklus 1 sebesar 60, 87 %siswa yang mampu melakukan gerakan lari dengan benar. Pada siklus 2 meningkat menjadi 78% siswa yang mampu melakukan gerakan lari dengan benar.  

Kata kunci: lari, pendekatan bermain

Referensi

Daftar Pustaka

Abin Syamsudin Makmun. (2004) Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Arnie Fajar. (2005) Portofolio dalam Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Didik Zafar Sidik (2010) Mengajar dan Melatih Atletik. Bandung: Rosdakarya.

Djumidar. (2006) Dasar-Dasar Atletik. Jakarta: Universitas Terbuka. Depdiknas. (2016) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006,tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta. Depdiknas.

Ibrahim. M. dkk. (2000) Pembelajaran Kooperatif. Surabaya:University Press. Suharsimi et all. (2008) Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Bumi Aksara.

Suharsimi et all. (2015) Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Bumi Aksara.

Miftahul Huda. (2015) Model-Model Pengajaran dan Pembelajar An. Yogyakarta:Pustaka

M.Sajoto. (1995) .Pembinaan dan Peningkatan Kondisi Fisik dalam Olahraga.Jakarta.

Purwodarminto. (1986). Kamus Umum Bahasa Indonesia.Jakarta:Depdikbud

Rita Eka Izzaty. (2008). Perkembangan Peserta Didik.Yogyakarta:UNY Press

Diterbitkan

2020-03-20