Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pianika Dengan Media Tasmoka Pada Semester 2 Kelas 8 B SMP 2 Pajangan

Penulis

  • ngatemi ngatemi ngatemi

Abstrak

Abstrak: Pembelajaran Pianika di SMP 2 Pajangan masih terdapat kendala. Kendala tersebut berupa alat  yang belum mencukupi kebutuhan peserta didik.  Dengan KKM 70, rata-rata  capaian baru 63. Seharusnya masing – masing peserta didik  1 pianika, tetapi dari sejumlah 32 peserta didik hanya tersedia 10. Guru terinspirasi  menciptakan alat yang  fungsinya setara dengan Pianika,  diberi nama alat peraga Tasmoka ( Kertas Model Pianika). Penelitian ini adalah peneltian tindakan kelas, setiap siklus terdiri dari empat tahap kegiatan yaitu: rencana tindakan, implementasi tindakan, observasi kelas dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes, observasi kelas, wawancara, catatan lapangan, angket. Setelah Tasmoka di implementasikan,  kualitas proses dan hasil belajar peserta didik meningkat. Keaktifan peserta didik pada siklus I adalah 60,7%, dan pada siklus II adalah 82,1%. Peningkatan hasil  belajar ditunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai tes  siklus I yaitu 71,6 menjadi 73,9 pada siklus II. Hal ini membuktikan bahwa media Tasmoka dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran.

Kata kunci: hasil belajar,  pianika, media tasmoka

 

Abstract: Pianika learning in Pajangan 2 Junior High is still an obstacle. These constraints are in the form of tools that do not meet the needs of students. With KKM 70, the average achievement is 63. Each student should have 1 pianica, but out of 32 students there are only 10. Teachers are inspired to create a tool whose function is equivalent to Pianika, named the Tasmoka props (Pianika Model Paper) . This research is a class action research, each cycle consists of four stages of activities, namely: action plan, action implementation, class observation and reflection.  The datas are  collected through tests, class observations, interviews, field notes, questionnaires. After Tasmoka is implemented, the quality of the process and student learning outcomes improve. The activity of students in the first cycle was 60.7%, and in the second cycle was 82.1%. Improved learning outcomes indicated an increase in the average value of the first cycle test that is 71.6 to 73.9 in the second cycle. This proves that Tasmoka media can increase the activity of students in the learning process.

Keywords: learning outcomes, pianika, tasmoka media

Diterbitkan

2020-03-20