PENDEKATAN SAINTIFIK PENGAJARAN BAHASA INGGRIS DAN MERDEKA BELAJAR MENURUT KI HAJAR DEWANTARA
Abstract
Penelitian ini untuk menjelaskan bagaimana guru menerapkan pendekatantan saintifik pengajaran bahasa inggris dan merdeka belajar menurut ki hajar Dewantara di SMA Negeri 1 BanguntapanBantul. Data berupa percakapan antara guru dan siswa melalului rekaman audio dalam proses pembelajaran bahasa inggris di dalam kelas. Guru telah menerapkan pendekatan saintifik diantaranya terdiriatas; mengamati, bertanya,mencoba,mengasosiasi berkomunikasi. Hasil Penerapan pendekatantan saintifik pengajaran bahasa inggris dan merdeka belajar menurut ki hajar Dewantara di SMA Negeri 1 BanguntapanBantul adalah: a) Dalam kegiatan mengamati, siswa melihat objek dengan jelas tentang sebuah surat lamaran pekerjaan jelas. b)Dalam kegiatan bertanya, antara siswa dan guru saling bertanya dan menjawab dengan baik, baik secara individu maupun kelompok tentang objek apa yangmereka diskusikan sebagai hasil dari kegiatan diskusi.c)Dalam kegiatan mencoba siswa mengalami secara langsung proses pembelajaran, baik pengalaman setelah mengamati, bertanya dan kegiatan dalam bentuk diskusi.d) Dalam kegiatan mengasosiasikan, siswa memberi mereka latihan terjemahan bahasa Indonesia tujuanya adalah untuk mengukur informasi atau wawasan yang mereka peroleh setelah melakukan latihan mengerjakan tugas mereka.e)Dalam kegiatan berkomunikasi, siswa kesempatan untuk mempresentasikan secara lisan hasil jawaban mereka dalam dalam proses belajar mengajar.
Kata kunci: pendekatan;pengajaran:kurikulum2013
References
Fadlilah, 2014Implementasi Kurikulum 2013 DalamPembelajaranSD/MI, SMP/MTs, &SMA/MA. Yogyakarta: Ar-RuzzMedia.
Government Regulation of Education and Culture Permendikbud, Law of Chapter 81A in the year of 2013.
Hosnan, M.2014. PendekatanSaintifikdanKontekstualdalamPembelajaran Abad 21 KunciSuksesImplementasiKurikulumJakarta: Ghalia Indonesia
KurikulumBerbasisKompetensi (KBK) 2004
Kurikulum Tingkat SatuanPendidikan (KTSP) 2006
Downloads
Additional Files
Published
2020-03-20
Issue
Section
Artikel