Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas IXA SMP Budya Wacana Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Metode Diskusi Online
Abstract
Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan pada hasil belajar siswa rendah, maka menerapkan metode diskusi online untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IXA SMP Budya Wacana. Sehingga rumusan masalah penelitianya adalah Apakah Metode Diskusi Oline Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran  Matematika Kelas IXA SMP Budya Wacana? Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan datanya tes dan observasi, teknik analisis datanya adalah menggunakan rumus ketuntasan individu dan ketuntasan klasikal. Hasil analisis ujian hasil belajar siswa kelas IX A SMP Budya Wacana pada tindakan siklus I diperoleh skor tertinggi 95 dan skor terendah 70 dari 20 siswa yang mengikuti tes, dimana terdapat 7 siswa yang tuntas serta 13 siswa yang dinyatakan belum tuntas dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 35% kemudian pada tindakan siklus II diperoleh skor tertinggi 98 dan skor terendah 70 dari jumlah siswa 20 siswa yang mengikuti tes, dimana terdapat 13 siswa yang tuntas serta 7 siswa yang dinyatakan belum tuntas dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 65%. Hal ini menunjukkan bahwa metode diskusi online dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IX A SMP Budya Wacana
Â
Â
Abstract: This research is triggered by problems in low student learning achievement, then applying the online discussion method to improve student learning acheivement in class IXA SMP Budya Wacana. So that the problem formulation of the research is Can the Oline Discussion Method Improve Student Learning Achievement of Mathematics in Class IXA SMP Budya Wacana? This is a two-cycles class action research. Each cycle includes planning, implementing, observing, and reflecting. The data collection technique is test and observation, the data analysis technique uses formula of individual and classical accomplishment. The analysis result of the learning achievement of class IX A of SMP Budya Wacana students in the first cycle actions obtains the highest score of 95 and the lowest score of 70 from 20 students who takes the test, where there were 7 accomplished students and 13 unaccomplished students with 35% of classical learning accomplishment. Then, the cycle II action obtains the highest score of 98 and the lowest score of 70 from 20 students who takes the test, where there were 13 accomplished students and 7 unaccomplished students with 65% of classical learning accomplishment. It shows that the online discussion method can improve student learning achievement in class IX A SMP Budya Wacana
Â
References
Daftar Pustaka
Muslich, Masnur. (2010). Melaksanakan PTK Itu Mudah (Classroom Action Research) Pedoman Praktis bagi Guru Profesional. Cetakan Keempat. Jakarta: Bumi Aksara.
Ramadhan A., dkk. (2013). Panduan Tugas Akhir (Skripsi) & Artikel Penelitian. Palu: Universitas Tadulako
Yusron Aminullah. (2011). Mindset Pembelajaran. Bandung: Penerbit Nuansa
Djamarah, SyaifulBahri. ( 2011 ) Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Hamdani.( 2011 ). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : CV Pustaka Setia
Mahmud. ( 2011 ) Metode Penelitian Pendidikan. CV PustakaSetia
Nasution.( 2011 ) Teknologi Pendidikan. Jakarta :BumiAksara.
Sanjaya, Wina ( 2011) Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Kencana
Amri, Sofwan dan Ahmadi,Iif ( 2010 ). Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Suriansyah 2015. Ahmad: Pengembangan Pembelajaran Berbasis TIK. Jurnal Paradigma, Volume 10, Nomor 2.
Sarwono, Jonathan. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.