Integrasi Nilai Budaya Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Dalam kelas pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing (EFL) selalu memiliki pengaruh besar dalam pemahaman anak-anak tentang dunia. Saat ini, mengembangkan keterampilan linguistik tidak hanya menjadi tujuan semata selama kelas bahasa Inggris. Selain itu, kebutuhan untuk mengintegrasikan budaya dan pengajarannya ke dalam pendidikan bahasa asing telah lama ditekankan dalam berbagai penelitian. Meskipun demikian, tampaknya menjadi hal yang umum jika buku teks dan guru mengabaikan informasi penting tentang budaya dari bahasa target. Artikel ini menyampaikan hasil dari penelitian kualitatif yang dilakukan terhadap sekelompok siswa kelas 6 di sebuah sekolah negeri di Magelang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran budaya di dalam kelas bahasa Inggris sebagai bahasa asing dan untuk mengetahui bagaimana guru mengintegrasikan budaya dari bahasa target ke dalam pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Hasil penelitian menunjukkan guru jarang untuk mengintegrasikan atau memberikan informasi tentang budaya yang mendukung kemampuan linguistik yang sedang dipelajari siswa. Guru menggunakan tiga metode dalam mengintegrasikan nilai budaya dari bahasa target dalam bentuk literatur, seni dan produk. Kegiatan semacam ini menunjukkan salah satu cara kreatif bagi guru untuk menyatukan budaya ke dalam proses pembelajaran mereka
Â
Kata kunci: Bahasa Inggris sebagai bahasa asing, pembelajaran budaya
References
Abbaspour, Ehsan.et al. (2012). How to Integrate Culture in Second Language Teaching. Journal of Education and Practice. Vol 3, No 10.
Divljan,Sretko. (2013). Integrating Culture and Language Teaching in TEYL. Conference proceedings vol. 16. University of Kragujevac
Gay, G. (2010). Culturally Responsive Teaching: Theory, Research, and Practice, New York, Teachers College Press
H. Purwoko. (2010) Muatan Sosial-Budaya dalam Buku Teks Pelajaran Bahasa Asing. " PAROLE: Journal of Linguistics and Education, vol. 1, pp. 97-118, Oct. 2010
Marhamah, Riadhul. Et.al. (2017). Integrating Target Language Culture into Teaching-Learning EFL. Syiah Kuala University
Margana. (2012). Integrating Local Culture into English Teaching and Learning Process. English Education Department. Faculty of Languages and Arts, State University of Yogyakarta
Mayesky, M. (2008). Creative Activities for Young Children, New York, Delmar Cen- gage Learning.
Mukhtar. 2013. Metode Penelitian Deskriftif Kualitatif. Jakarta : GP Press Group
Turkan, Sultan & Celik, Servet. (2007). Integrating Culture into EFL Texts and Classrooms: Suggested Lesson Plans
//www.qraved.com/journal/food-101/mengenal-asal-usul-tteokbokki-jajanan-pedas-hits-asal-korea