Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan dengan Model Pembelajaran CTL
Abstract
Abstrak: Penelitian yang dilaksanakan ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa bidang studi matematika pada operasi hitung bilangan pecahan di Sekolah Dasar dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Kegiatan penelitian dilaksanakan di SD Negeri Krawitan Kecamatan Ngemplak Kabupaten Sleman. Desain yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VI (enam) di SD Negeri Krawitan semester 2 tahun pelajaran 2019/2020. Dengan jumlah siswa seluruhnya ada 34 anak. Penelitian yang dilaksanakan ini menggunakan langkah-langkah pembelajaran dengan model CTL yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian serta evaluasi hasil pembelajaran. Dari hasil pos tes pembelajaran operasi hitung bilangan pecahan pada akhir setiap siklus diperoleh adanya peningkatan penguasaan operasi hitung bilangan pecahan. Pada pra siklus diperoleh nilai rata-rata 59,41 kemudian siklus pertama nilai rata-rata menjadi 62,94 dan pada siklus kedua nilai rata-rata naik menjadi 71,18. Dari hasil yang diperoleh maka proses pembelajaran menggunakan model CTL di SD Negeri Krawitan dinyatakan berhasil karena mampu menaikkan nilai rata-rata yang diperoleh siswa.
Kata kunci: Hasil belajar, Operasi hitung bilangan pecahan, Model CTL.
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek.
________________ .2009. Manajemen Penelitian. Jakarta : PT Rineka.
B. Johnson, Elaine. 2011. CTL Contextual Teaching and Learning :Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Kaifa Learning(terjemahan)
BNSP. (2006), Permendiknas No.22 Tahun 2006, tentang standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Depdiknas
Dimyati dan Mudjiono.2006. Teori Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fitriani Dina .2017. Pemantapan Kemampuan Profesional upaya meningkatkan hasil belajar matematika model CTL. UT
Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika
Kasmawati. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Terhadap Hasil Belajar. http://journal.ui- lauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika, Volume 5 No. 2 halaman 70-74
Pujo Setyo. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Model Discovery Learning Melalui Media Kubus Satuan pada siswa Kelas V SDN Kauman 1 Malang. jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/tamancendekia. Volume. 03. halaman 269-274
Santri Syafri, Fatrima. 2016. Pembelajaran matematika. Jakarta: Rineka Cipta.
Wuryani. 2020. Peningkatan Kedisiplinan dan Hasil Belajar Model Discovery Learning. jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/mmp, Volume 2 No. 3 halaman 379
Yanuartun. 2013. Penerapan pembelajaran konstekstual untuk meningkatkan prestasi belajar IPA. UNY