Penerepan Model Pembelajaran Simulasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Sekolah Dasar

Penulis

  • Helmy Fiftario

Abstrak

Model Pembelajaran Simulasi Merupakan salah satu model yang baik diterapkan dalam pembelajaran di sekolah dasar karena usia anak sekolah dasar masih masuk pada usia anak-anak, sedangkan dunia anak-anak adalah dunia bermain. Dalam bermain simulasi akan memberi kesempatan bagi siswa yang sedang terlibat untuk menjadi orang lain atau tidak menjadi dirinya sendiri sehingga siswa akan memeperoleh ide-ide tentang orang lain. Keterlibatan dan keaktifan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran menjadi tujuan yang sangat penting dalam model ini. Penerapan model simulasi yaitu dimana anak akan berperan dan bermain seolah-olah mereka memerankan sebuah karakter seseorang atau sesuatu, dalam pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan sosial mereka, karena berinteraksi dengan orang lain merupakan salah satu keterampilan sosial yang harus dimiliki oleh setiap orang. Model pembelajaran ini dirancang untuk membantu siswa mengalami bermacam-macam proses dan kenyataan sosial dan untuk menguji reaksi mereka, serta untuk memperoleh konsep keterampilan pembuatan keputusan. Model simulasi dalam konteks model pembelajaran sosial sangat efektif digunakan supaya siswa menemukan jati diri didalam dunia sosial dan memecahkan suatu masalah dalam kelompok.

Referensi

Arikunto. (2015). Penelitian Tindakan Kelas Edisi. Jakarta: Bumi Aksara

Elfida, F, L. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode

Simulasi Mata Pelajaran Fikih Materi Perekonomian Dalam Islam MA Kelas XAL-ITTIHidayah Bromo. Jurnal. UIN Sumatra Selatan: Indonesia

Fathurrohman, M. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Fitriana, Liza. 2017. Pengaruh Metode Simulasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas Viii Di Mts Darussalam Al-Kubro Desa Moyot Kecamatan Sakra Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal. IAIN Mataram: Indonesia

Handayani. 2015. Penerapan Metode Simulasi Pada Materi Pembelajaran Press Conference Guna Meningkatkan Soft Skill Dan Mutu Pembelajaran Di SMKN 3 Bandung Tingkat 11 (AP4). Jurnal. Bandung: Indonesia

Heni, dkk. 2015. Pengaruh Metode Simulasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PKN Kelas III SDN 09, Jurnal. FKIP Untan Pontianak: Indonesia

Majid, Abdul. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mufida, dkk. 2015. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Ambelang Pada Mata Pelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jurnal. Universitas Tadulako: Indonesia

Oktapyanto, Riyan. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Simulasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Sekolah Dasar, Jurnal. Kabupaten Bandung: Indonesia

Sardiman. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Diterbitkan

2020-03-20