Manajemen Pembelajaran Kepariwisataan di SMK Pariwisata
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan pembelajaran, pelaksanakaan pembelajaran, pengorganisasian pembeljaran, penilaian pembelajaran dan pengawasan pembelajaran kepariwisataan di SMK Pariwisata dalam hal ini terbatas pada lingkup Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Yogyakarta. Dalam mencapai tujuannya peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah para guru yang mendapatkan tugas untuk mengajar mata pelajaran kepariwisataan di masing masing kompetensi keahlian dan manajemen sekolah bagian kurikulum. Melalui teknik teknik pengumpulan data dan analisi data diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan (1) perencanaan pembelajaran telah dilakukan oleh masing masing guru dengan mengacu kepada desain pembelajaran yang berlaku. (2) Pengorganisasian pembelajaran oleh guru dilakukan oleh guru untuk menciptakan ketertiban dan kenyamanan selama proses pembelajaran. (3) Pelaksanaan manajemen pembelajaran telah dilakukan oleh masing masing guru yang bertugas dengan mengimplementasikan RPP dan materi pembelajarannya mengacu pada buku teks mata pelajaran kepariwisataan sehingga perlu ada penyesuaian materi di tiap tiap keahlian kompetensi. (4) Penilaian pembelajaran kepariwisataan telah dilaksanakan oleh masing masing guru secara objektiv terhadap hasil belajar peserta didik. (5) Pengawasan manajemen pembelajaran telah dilaksanakan oleh guru yang ditunjuk oleh manajemen sekolah dalam bentuk supervisi  proses pembelajaran
Kata kunci: Manajemen, Pembelajaran, Pelajaran Kepariwisataan
Â
Abstract: This research aims to find out the learning planning, learning organization, learning implementation, learning assessment and supervision of tourism learning in the Tourism Vocational School which is limited in the Vocational School 4 Yogyakarta. This research uses a qualitative approach with descriptive methods. Data collection techniques are done through interviews, observation and documentation study Research subjects were teachers who were assigned to teach tourism subjects in each department of competency and vice-principal of the curriculum. Through data collection techniques and data analysis obtained research results that show (1) learning planning has been done by each teacher with reference to the applicable learning design. (2) Organizing learning by teachers is done to create order and comfort during the learning process (3) The implementation of learning management has been carried out by each teacher who is tasked with implementing the RPP and the learning material refers to the tourism textbooks so that the material needs to be adjusted in each competency skill. (4) The assessment of tourism learning has been carried out by each teacher objectively about the learning outcomes of students. (5) Supervision of learning management has been carried out by teachers appointed by school management in the form of supervising the learning process
Â
Keywords: Management, Learning, Tourism Lessons
Â
References
Daftar Pustaka
Arifin, Z. 2019. Evaluasi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya: Bandung
Asril, Z, 2010. Micro Teaching. Rajawali Pers: Jakarta
Atmodiwirio, S. 2005. Manajemen Pendidikan Indonesia. Ardadizya Jaya: Jakarta
Fattah, N., 2004. LAndasan Manajemen Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya: Bandung
Hasibuan. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia:Pengertian Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: PT. Toko Gunung Agung
Mahmud, H. Metode Penelitian Pendidikan. Pustaka Setia: Bandung
Mulyasa, H.E. 2015. Pengembanagan dan Emplementasi Kurikulum. PT Rosdakarya: Bandung
Saondi, O. 2014. Membangun Manajemen Pendidikan. Refika Aditama: Bandung
Suparlan. 2013. Manajemen Berbasis Sekolah. PT Bumi Aksara: Jakarta
Sugiono. 2016. Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis dan Disertasi. Alfabeta: Bandung
Agustin, M.D., Mustiningsih., dan Maisyaroh. 2018. Manajemen Pembelajaram di Education Hotel (Edotel) Sebagai Sumber Belajar. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan
Faradilla,N., Harun, C.Z., dan Usman, N. 2018. Manajemen Pembelajaran Di SD 45 Banda Aceh. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Pasca sarjana Universitash Syiah Kuala
Harahap, M., 2019. Manajemen Pembelajaran PendidikanAgama Islam Di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia. Studi Multidisipliner
Indah, A.N., Saputra, E., Wijaya, C. Manajemen Pembelajaran Di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Khirul Umam. Observasi
Julu, L. 2017. Layanan Informasi Pembelajaran Manajemen dan Bisnis Berbasis Peta konsep Dalam Bimbingan dan Penyuluhan Pada Siswa Kela IX SMP Negeri Baibau. Sang Pencerah
Muttaqin, T., Sanusi, A., Wasliman, I., dan Mulyasa, E. 2019. Pendidikan Agama Islam Dalam Peningkatkan Akhlak Siswa, NER: Nusantara Education Review
Mustakim, Z. 2019. Manajemen Pembelajaran Mapel Rumpun PAI Berbasis Scientific Approach Di MIN se- Eks Karasidenan Pekalongan. Edukasi Islamika: Jurnal Pendidikan Islam
Nugroho, Arie, Sasongko, M.Z. 2017. Informasi Manajemen Pembelajaran Berorientasi Objek. Jurnal Sistem Informasi (JSI)
Rahman, Y. 2018. Pengaruh Manajemen Pemebalajaran Full Day school Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Ronaldi, Supriyoko. 2020. Manajemen Pembelajaran Alam Dalam Upaya Meningkatkan Kemandirian Peserta Didik. Media Manajemen Pendidikan (MMP)
Suhendri. 2017. Manajemen Pembelajaran PAI Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Kota Medan. Sabillarsyad
Yanto, A., Imron, A., dam Benty, D.D.N., Manajemen Pembelajaran Sekolah Dasar Di Daerah Tertinggal. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan