Managemen Pendidikan Karakter Di Smk 4 Yogyakarta Melalui Pembiasaan 3 S) Senyum Salam Dan Sapa

Penulis

  • gunariyah espede

Abstrak

Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui perencanaan managemen pendidikan karakter di SMKN 4 Yogyakarta melalui pembiasaan 3 (S) senyum,salam dan sapa; 2) mengetahui pelaksanaan  managemen pendidikan karakter di SMKN Negeri 4 Yogyakarta; 3) mengetahui penilian  managemen  pendidikan karakter di SMKN 4 Yogyakarta: 4).Mengetahui evaluasi  dalam manajemen  pendidikan karakter di SMKN 4 Yogyakarta;5)mengetahui kendala yang dihadapi dalam manajemen pendidikan karakter di SMKN 4 Yogyakarta melalui pembiasaan 3 (s ) senyum,salam dan sapa.

 Penelitian ini penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Metode pengumpulan data adalah in depth interview .  Hasil penelitian adalah:  1) Perencanaan  managemen pendidikan karakter di  sekolah melalui rapat  sekolah yang didokumenkan dalam  kTSP;  2) Pelaksanaan managemen pendidikan karakter  di SMK Negeri 4 Yogyakarta sudah dilaksanakan dengan baik  melalui program harian, mingguan  dan bulanan; 3) Penilaian  pendidikan karakter di SMKN 4 Yogyakarta dilakukan oleh guru  PPKN, guru  agama bersama wali kelas dalam berbagai kegiatan  baik dalam kegiatan tatap muka di kelas , atau ketika melakukan perbincangan tidak formal saat tidak ada kegiatan ;4) Evaluasi managemen  pendidikan karakter di SMKN 4 Yogyakarta dilakukan oleh  kepala sekolah, WKS Kesiswaan; 5) Kendala yang dihadapi dalam pendidikan karakter di SMKN 4 Yogyakarta  hampir tidak

Biografi Penulis

gunariyah espede

Guru SMK Negeri 4 Yogyakarta

Referensi

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, Cet. XV, 2015

Asmani, Jamal Ma’ruf. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press, 2011..

Daryanto dan Mohammad Farid. Konsep Dasar Manajemen Pendidikan di

Sekolah. Yogyakarta: Gava Media, 2013.

Gunawan, Heri. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung:

Alfabeta, 2014.

Herlambang, Susatyo. Pengantar Manajemen Cara Mudah Memahami Ilmu

Manajemen. Yogyakarta: Gosyen Publishing, 2013.

Iskandar, Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta:Gaung Persada Press,2009.

Pupu, S.R. 2019. Penelitian kualitatif. Jurnal penelitian kualitatif, Volume 5, No.9, hal.8.

https://www.e-jurnal.com/2013/11/pengertian-pendidikan-menurut-para-ahli.html

Suid. Analisis kemandirian siswa dalam proses pembelajaran melalui lesson study di kelas III SD Negeri 1 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, Vol. 1 No.5, hlm. 70–81

.

Nicholas, A.J. 2016. Internships: Experiential Learning, Academic Connection and Assessment. Faculty and Staff - Articles & Papers. Paper 61 Rita, Hasri Diana. 2018. Kreativitas siswa pada mata pelajaran seni budaya (seni tari) kelas VIIIË¡ Di SMPN 1 Mempura kecamatan Mempura kabupaten Siak propinsi Riau. Jurnal KOBA Volume 5, No 2.

Setiyaningrum, Diyah. 2018. Manajemen praktik kerja lapangan di SMK Batik 2 Surakarta. Jurnal Managemen Pendidikan Vol. 13, No. 1, hlm 108-116

Diterbitkan

2020-03-20