Penerapan Model Pembelajaran Explicit Intruction dan Diktat Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pajak

Penulis

  • esti ariani

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pajak pada siswa kelas XI Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Karanganyar Kebumen Tahun Pelajaran 2019/2020 melalui Model Pembelajaran Explicit Instruction dan Diktat. Metode Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Waktu dan tempat penelitian bulan Januari-Februari 2020 di SMK Negeri 1 Karanganyar Kebumen. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Akuntansi 3 berjumlah 36 orang. Indikator kinerja pada penelitian ini adalah siswa dikatakan tuntas dalam belajar bila nilai hasil evaluasi ≥75 dan ketuntasan hasil belajar secara klasikal ≥ 80%. Teknik pengumpulan data menggunakan  tes hasil belajar dan observasi, alat pengumpul data berupa soal dan lembar observasi. Berdasarkan analisis data menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pajak yaitu pada akhir siklus I pencapaian nilai rata-rata sebesar 93,19 dengan Ketuntasan Belajar (KB) 100%. Sedangkan sebelum menggunakan Model Pembelajaran Explicit Instruction dan Diktat pencapaian nilai rata-rata sebesar 77,11 dengan  Ketuntasan Belajar (KB) 66,67 %. Pada siklus I sudah menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa secara individual dan klasikal, maka kegiatan penelitian tidak dilanjutkan dengan siklus berikutnya. Dari penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Model Pembelajaran Explicit Instruction dan Diktat dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran pajak.

Kata kunci: explicit instruction learning, diktat, hasil belajar

 

Abstract: The objective of this research is to increase the student learning result of Tax lesson for students of class XI Accounting 3 SMK Negeri 1 Karanganyar Kebumen year 2019/2020 through Explicit Instruction learning model and the use of Dictate. The method of this research is class action research. This research was conducted during January-February 2020 in SMK Negeri 1 Karanganyar Kebumen. The subject of the research is the students of XI Accounting 3 that consist of 36 students. The indicator of this research is that the student is considered pass the learning if the learning score ≥75 and the benchmark rate ≥ 80%. The data collection technique uses learning test and observation, the data collecting tool is questions sheet and observation sheet. Based on the data analysis, it is shown that there is learning result increase for the students of Tax lesson at the end of cycle I of 93, 19 average score achievement with benchmark 100%. Before using this learning model, the average score achievement is 77, 11 with benchmark 66, 67 %. In cycle I, it has shown the increasing of students learning result individually and classically, so, the research is not continued with the next cycle. From this class action research, it can be concluded that the use of Explicit Instruction  learning model and Dictate can increase the students learning result of Tax lesson.

Keywords: explicit instruction learning, dictate, learning result.

Biografi Penulis

esti ariani

Lahir di Kebumen sebagai guru produktif akuntansi SMKN 1 Karanganyar Kebumen

Referensi

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono & Supardi. (2015).Penelitian tindakan kelas (Rev.ed). Jakarta: Bumi Aksara.

Darmiyati, D., & Hasanah, R. N. (2018). Penerapan Model Explicit Instruction Dikombinasikan Dengan Model Probing Prompting Dan Media Realita Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Vidya Karya, 32(2), 139. https://doi.org/10.20527/jvk.v32i2.5231

Huda, Miftahul.(2015). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Jambi, X. K. (2015). Edumatica Volume 05 Nomor 02, Oktober 2015. 05, 1–8.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264

Prasetyo, H. E. (2015). Hubungan Persepsi Penerapan Metode Tgt, Teknik Reward and Punishment Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sdn I Ngrejo Tulungagung. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan & Pembelajaran, 7(2), 119–129. https://doi.org/10.30957/konstruk.v7i2.311

Ranowulu, K., & Bitung, K. (2016). 1) 1) 1). 2, 34–40.

Silma, E. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS pada Pelajaran Ekonomi (Akuntansi) di SMAN 1 Langgam Kabupaten Pelalawan. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 68–76.

(Subandi, 2017:54). (2019). 済無No Title No Title. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Syamsuddin, A., Jannah, M., Dasar, P., Makassar, U. M., Matematika, P., Makassar, U. M., … Belajar, H. (2019). PENERAPAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BILANGAN ROMAWI PADA IMPLEMENTATION OF THE EXPLICIT INSTRUCTION MODEL IN MATHEMATICAL LERANING ROMAN NUMBER FOR IV GRADE PENDAHULUAN Tujuan pembelajaran matematika di Sekolah Dasar . 7(1), 136–154.

Diterbitkan

2020-03-20