PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BELIMBING TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Penulis

  • Reysa Maura Wulanda universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berbicara siswa yang disebabkan siswa malu berbicara di depan teman-teman maupun guru, siswa tidak memahami materi dengan cepat, siswa susah menyusun kata-kata yang baku dan pendapat siswa tidak dihargai oleh guru maupun teman-temannya dan kepribadian siswa memang pasif atau kurang aktif. Tujuan umum dalam penelitian ini untuk mengetahui penerapan penggunaan metode pembelajaran talking stick terhadap kemampuan berbicara siswa kelas XI SMAN 1 Belimbing tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Belimbing dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, metode penelitian adalah eksperimen dan bentuk penelitian adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Belimbing tahun pelajaran 2018/2019 dan sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dengan total 29 siswa dan siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan total 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik pengukuran, teknik komunikasi tidak langsung dan teknik dokumentasi. Alat pengumpulan data yaitu lembar observasi, soal unjuk kerja, angket dan lembar dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada pengukuran akhir ((post-test) kelas eksperimen lebih tinggi (87,55) daripada kelas kontrol (78,66). Hasil uji hipotesis diperoleh dalam perhitungan Asymp Sig (0,02) < Taraf Sig (0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Talking Stick dapat berpengaruh terhadap kemampuan berbicara pada siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Belimbing Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata Kunci: Metode Talking Stick, Kemampuan Berbicara Abstract: This research was motivated by the low of students’ speaking ability caused by shy students talking in front of friends and teachers, students did not understand the material quickly, students have difficulty composing standard words and student opinions were not valued by the teacher or his friends and personality students werepassive or less active. The general purpose in this study was to determine the effect of using talking stick learning method on the students’speaking ability at class XI of SMAN 1 Belimbing, academic year 2018/2019. The research was conducted at SMAN 1 Belimbing by using a quantitative approach, the research method was experimental and the form of research was quasi-experimental. The population in the study were all students of class XI SMA 1 Belimbing 2018/2019 academic year and the study sample was students of class XI IPA 1 as a control class with a total of 29 students and students atclass XI IPA 2 as an experimental class with a total of 29 students. Data collection techniques used observation techniques, measurement techniques, indirect communication techniques and documentation techniques. Data collection tools were observation sheets, performance questions, questionnaires and documentation sheets. The results showed that at the final measurement ((post-test) the experimental class was higher (87.55) than the control class (78.66). The results of hypothesis testing were obtained in the calculation of Asymp Sig (0.02) < Level of Sig (0, 05) Thus it could be concluded that the use of Talking Stick learning method could affect the speaking ability of class XI students SMA Negeri 01 Belimbing, Academic Year 2018/2019. Keywords: Talking Stick Method, Speaking Ability

Referensi

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Margono, S. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riduwan. 2014. Metode Dan Teknik Menyusun Thesis. Bandung: Alfabeta

Riduwan & Akdon. 2015. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.

Roni. 2016. Pengaruh Penerapan Teknik Snowball Throwing Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Kelas VII Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Sintang: STKIP Persada Khatulistiwa. (Tidak dipublikasikan).

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A. 2015. Cooperative Learning Teori Dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tarigan, H. G. 2015. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wulansari, R., Chudari. I. N. dan Supriatna, E. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesiaâ€. Jurnal Kalimaya, Volume 4 No. 2 Hal 1-8. Diunduh pada tanggal 20 September 2018. (http://antologi.upi.edu/file/bahasa,Rahmawati.pdf).

Diterbitkan

2020-03-20