Peningkatan Kompetensi Guru Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Melalui Pendampingan Kolaboratif

Penulis

  • Wiyoto Wiyoto Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP keterampilan abad 21 melalui pendampingan kolaboratif di 3 sekolah binaan di Kabupaten Kulon Progo, SMPN 2 Lendah, SMPIT Al-Ghifari Lendah, and SMPN Muhammadiyah 2 Galur. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilaksanakan dalam 2 siklus seperti desain siklus John Elliot. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Juli – Oktober 2019. Subyek penelitian ini adalah 6 guru Matematika di sekolah binaan tersebut. Dalam penelitian ini, peneliti membantu guru mengembangkan RPP keterampilan abad 21. Dalam tahapan refleksi, peneliti dan guru mendiskusikan masalah-masalah yang muncul selama proses penyusunan RPP tersebut. Peneliti menawarkan solusi dan menjelaskan informasi-informasi penting tentang penyusunan RPP. Hasil pengamatan, catatan lapangan, dokumentasi, dan analisis RPP guru akan menjadi data penelitian. Data penelitian ini dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasilnya menunjukka bahwa di siklus pertama, skor capaian kompetensi guru dalam menyusun RPP meningkat dari 28 menjadi 66, dan di siklus kedua skor capaian kompetensi guru meningkat dari 66 menjadi 84. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik pendampingan kolaboratif dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP keterampilan abad 21.

Kata Kunci: keterampilan abad 21, kompetensi guru, RPP, pendampingan

Referensi

DirsekumYPS. 2013. Pedoman Penulisan Proposal dan Laporan PTK/PTS. Sorowako: Sekum YPS

Djamarah, Saiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta

Djohar. 2004. Pendampingan Sebagai Salah Satu Model Penjamin Mutu Pendidikan. Makalah disajikan dalam Lokakarya BPG Matematika di Yogyakarta

----------. 2017. Panduan Implementasi Kecakapan Abad 21 Kurikulum 2013 di sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Maulidi, A. 2016. Pengertian Kompetensi. https://www.kanalinfo.web.id/2016/08/pengertian-kompetensi.html diakses pada 22 Juli 2019.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: BSNP

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: BSNP

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud

Peraturan Menteri Pendidikan dan KebudayaanNomor 105 tahun 2014 Tentang Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud

Ridwan, Ambarita, A, dan Sutoro, I. 2016. Manajemen Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru melalui Pendampingan Pendekatan Kolaboratif. Jurnal Manajemen Mutu Pendidikan Vol.4 No 1(2016)

Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Suyanto, dan Jihad. 2013. Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta. Erlangga.

Udiska. 2014. Upaya Peningkatan Pengelolaan Proses Pembelajaran melalui Pendampingan Implentasi Kurikulum 2013 terhadap Guru-guru Kelas I dan Kelas IV

Yoko Rimy. 2018. Modul Diklat TatapMuka: Penilaian Higer Order Thingking Sklill (HOTS) . Yogyakarta: LPMP Daerah Istimewa Yogyakarta.

Diterbitkan

2020-03-20