Meningkatkan Kinerja Guru IPS dalam Pengelolaan Program Pembelajaran melalui Supervisi Pendekatan Direktif

Penulis

  • nurhadi purwanto Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kulon Progo

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru dalam mengelola program pembelajaran melalui supervisi pendekatan direktif khususnya guru mata pelajaran IPS yang berada di sekolah binaan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang dilaksanakan pada awal semester II (Januari-Maret 2020). Tahapan kegiatan penelitian tindakan ini meliputi membuat rencana tindakan, melaksanakan tindakan, mengamati, dan merefleksi pelaksanaan tindakan. Penelitian ini dilakukan secara spiral dalam bentuk siklus sampai dua siklus. Dalam pelaksanaannya, guru didampingi menyelesaikan permasalahan pengelolaan program pembelajaran. Data penelitian berupa catatan hasil pengamatan, catatan lapangan, dokumentasi, dan hasil supervisi. Analisis data dilakukan dengan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data guru diperoleh nilai sebagai berikut: Pada saat observasi awal diperoleh rata-rata kinerja guru sebesar 43,5 dengan kategori kurang. Setelah dilakukan supervisi pendekatan direktif rata-rata kinerja guru pada siklus I meningkat menjadi 77,4 dengan kategori cukup. Pada siklus II terjadi peningkatan kinerga guru menjadi 91,1 dengan kategori sangat baik. Analisis data penelitian ini juga menggunakan uji beda antara kondisi awal, siklus I, dan siklus II. Hasil uji beda (uji t) menunjukkan bahwa 1) antara kondisi awal dengan siklus I diperoleh thitung lebih besar daripada ttabel (thitung = 14,58 > ttabel = 2,18), 2) antara siklus I dengan siklus II diperoleh thitung lebih besar daripada ttabel (thitung = 7,86 >  ttabel = 2,18). Keduanya menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan. Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa  telah  terjadi  peningkatan  nilai   kinerja guru dari  siklus  I  ke  siklus  II dengan kriteria akhir sangat baik. Implikasi penelitian  ini menunjukkan bahwa supervisi pendekatan direktif dapat meningkatkan kinerja guru dalam mengelola program pembelajaran.

Kata kunci: kinerja guru, program pembelajaran, supervisi pendekatan direktif.

 

Referensi

Aqib, Z., Amrullah, A. 2017. Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Andi.

Darsono. 2013. Implementasi pendekatan direktif, non direktif dan kolaboratif dalam supervisi pendidikan Islam. Jurnal Ta’allum, Volume 04, No. 02, November 2016, hlm. 235 – 258.

Depdikbud. 2018. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 15 Tahun 2018 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah, Dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Depdikbud.

Depdikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdikbud.

Mulyasa, Iskandar, D., Aryani, W.D. 2016. Revolusi dan inovasi pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Priansa, D.J., Setiana, S.S. 2017. Manajemen dan supervisi pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Suryana, Y. 2015. Metode penelitian manajemen pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Wasisto Dwi Doso Warso, Agus. 2017. Metode praktis melakukan penelitian tindakan sekolah. Klaten: Widyapustaka Publisher.

Widodo, S.A. 2013. Meningkatkan kinerja guru dengan pendekatan direktif. Jurnal Global Edukasi, Volume 2, No. 3, Des 2018, hlm. 171 – 178.

Diterbitkan

2020-03-20