Manajemen Pegelolaan Kelas Demokratik Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa SMK

Authors

  • fx nugroho SMK N 1 Karanganyar Kebumen, Indonesia

Abstract

Pengertian manajemen kelas merupakan usaha guru untuk menata dan mengatur tata laksana kelas, diawali dari perencanaan kurikulum, penataan prosedur,  sumber belajar, pengaturan lingkungan kelas, memantau kemajuan siswa dan mengantisipasi  masalah- masalah yang mungkin timbul di kelas.

            Tujuan dari pengelolaan kelas adalah penyediaan fasilitas bagi bermacam-macam kegiatan belajar siswa dalam lingkungan sosial, emosional dan intelektual dalam kelas. Fasilitas yang disediakan itu memungkinkan siswa belajar dan bekerja untuk terciptanya suasana sosial yang memberikan kepuasan, suasana disiplin, perkembangan intelektual, emosional dan sikap serta apresiasi pada siswa.

Jenis  penelitian  ini  termasuk  penelitian  lapangan. Adapun pendekatan dalam penelitian  ini adalah pendekatan diskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi.  Dalam menganalisis  data digunakan  metode diskriptif  komparatif yaitu  membuat  generalisasi  berdasar  fakta dan  peristiwa  selanjutnya  hasil dari analisis  dibandingkan  dengan  konsep  ilmiah  yang menjadi  standar  pendekatan dalam penelitian ini.

Model pengelolaan kelas yang akan diterapkan dalam penelitian ini adalah model demokratis yang sangat menghargai perbedaan dan hak- hak setiap peserta didik, dan bahkan menekankan pada pentingnya kebebasan bersuara. Pada model ini, para peserta didik diberikan hak dan kesempatan untuk berpartisipasi aktif dalam pengambilan keputusan mengelola kelas mereka

Hasil dari penelitian  ini adalah SMK Tamtama Karanganyar Kebumen sebuah lembaga pendidikan yang menghargai perbedaan dan hak- hak setiap peserta didik, dan bahkan menekankan pada pentingnya kebebasan bersuara menjalankan pelaksanaan manajemen, para peserta didik diberikan hak dan kesempatan untuk berpartisipasi aktif dalam pengambilan keputusan mengelola kelas mereka.

 

 

Kata kunci                   : Manajemen, Pengelolaan Kelas Demokratik, Kompetensi Siswa

 

 

Understanding classroom management is the teacher's effort to organize and regulate classroom management, beginning with curriculum planning, structuring procedures, learning resources, managing the classroom environment, monitoring student progress and anticipating problems that may arise in class.

The purpose of classroom management is to provide facilities for a variety of student learning activities in the social, emotional and intellectual environment in the classroom. The facilities provided that enable students to learn and work for the creation of a social atmosphere that provides satisfaction, an atmosphere of discipline, intellectual development, emotional and attitude and appreciation for students.

This type of research includes field research. The approach in this research is a qualitative descriptive approach. In collecting data the author uses the method of observation, interviews, and documentation. In analyzing the data used a comparative descriptive method which is to make generalizations based on facts and subsequent events the results of the analysis are compared with scientific concepts that are standard approaches in this study.

The class management model that will be applied in this study is a democratic model that highly values differences and the rights of each student, and even emphasizes the importance of freedom of speech. In this model, students are given the right and opportunity to actively participate in making decisions to manage their class

The results of this study are SMK Tamtama Karanganyar Kebumen, an educational institution that respects the differences and rights of each student, and even emphasizes the importance of freedom of voice in carrying out management, students are given the right and opportunity to actively participate in making decisions to manage their class .

 

Keywords : Management, Democratic Class Management, Student Competence

Author Biography

fx nugroho, SMK N 1 Karanganyar Kebumen

Guru SMK Negeri 1 Karanganyar Kebumen

References

Ametembun. 1991. Manajemen Kelas. Bandung IKIP Bandung.

Azhar Imam (2013: 93 ) Model dalam pengelolaan kelas

Depdiknas. 2003. Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta

Hadi, Sutrisno. 1993. Metode Research. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.

Idochi, Anwar. 1987. Kependidikan dalam proses belajar mengajar. Jakarta: Angkasa.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) (2002),

Kusdiyanto. 1997. Metodologi Penelitian. Surakarta: Universitas Muhamaddiyah

Surakarta

Moelong, L. J. 1993. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosydakarya.

Nasution. 2001. Metode Research. Jakarta: Bumi Aksara

Sudjana Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sina Baru Algensindo.

.Uzer, Usman. 1994. Menjadi Guru Propesional. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Published

2020-03-20

Citation Check